Para wanita akrab dengan yang namanya bra. Pakaian dalam ini sudah dikenalkan kepada pihak perempuan sejak memasuki masa pubertas. Penggunaan bra ditunjukkan untuk menahan payudara dan membentuk tubuh yang ideal. Beragam jenis bra dipasarkan di toko-toko, dari daily bra, sport bra hingga lingerie. Adapun bentuk bra beragam, dari perbedaan cup, ukuran, model, hingga pemakaian kawat.
Rayakan 'No Bra Day', Apa Aja Sih Manfaatnya Sehari Tidak Pakai BH?
source: http://www.amazon.com

Beberapa wanita menyakini dengan menggunakan bra terus-menerus dapat membentuk payudara lebih indah dan menghindari dari payudara yang kendur. Penggunaan bra juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Seperti push up bra yang ditujukan untuk mengangkat payudara agar terlihat lebih besar dan ideal. Secara tidak sadar, wanita sering memakai bra lebih dari 12 jam atau bahkan selama 1 hari penuh.
Rayakan 'No Bra Day', Apa Aja Sih Manfaatnya Sehari Tidak Pakai BH?
source: http://parfaitlingerie.com
baca juga

Dalam peringatan Hari Tanpa Bra sedunia, wanita dihimbau untuk tidak memakai bra selama 1 hari. Gerakan No Bra Day ini diperuntukan untuk memberikan support kepada penderita kanker dan meningkatkan awareness terhadap kanker payudara. Beberapa pihak mengatakan bahwa hari peringatan ini sia-sia.

Dilansir dari InsertLive, profesor asal Prancis, Jeans-Denis Rouillon, membantah pernyataan tersebut. Menurutnya, dengan tidak memakai bra, akan membawa manfaat bagi payudara itu sendiri. Beberapa manfaat tersebut di antaranya:
Rayakan 'No Bra Day', Apa Aja Sih Manfaatnya Sehari Tidak Pakai BH?
source: http://www.chronicle.ng

1. Menghindari bahu yang sakit dan pegal

Umumnya, model bra menggunakan tali. Tali yang melintang di bahu dapat menyumbat aliran darah. Bahkan penggunaan tali bra yang tidak tepat dapat membuat bahu sering terasa pegal. Tali bra yang terlalu kencang juga dapat menghambat kinerja otot-otot. Dengan melepas bra selama 1 hari, dapat membuat aliran darah sekitar bahu lebih baik dan terhindar dari masalah pegal linu.
1. Menghindari bahu yang sakit dan pegal
source: http://www.shutterstock.com
baca juga

2. Mengencangkan otot payudara

Beberapa orang mengatakan apabila tidak mengenakan bra akan membuat payudara menjadi kendur. Hal ini tidaklah benar. Payudara yang terlalu sering berpangku pada cup bra akan menjadi lemah. Karena adanya topangan dari cup dan tali bra. Sedangkan saat tidak menggunakan bra, payudara akan terlatih untuk mengencangkan otot-otot di dalamnya. Sehingga payudara tetap tegak dan tidaklah kendur. Dengan melepas bra, akan mengembalikan otot-otot yang kuat pada payudara.
2. Mengencangkan otot payudara
source: http://www.istock.com

3. Menghindari dari berbagai penyakit

Penggunaan bra yang salah dapat mengundang banyak penyakit pada tubuh. Hal ini disebabkan terhambatnya aliran darah sekitar payudara dan dada. Penggunaan bra yang tidak sesuai juga dapat mengganggu sistem pernafasan. Apabila bra yang digunakan terlalu ketat, Moms akan terasa sesak dan susah bergerak. Melepas bra dalam satu hari dapat menghindari penyakit yang ditimbulkan karena pemakaian bra yang salah. Adapun melepas bra juga sebagai salah satu cara menghindari kanker payudara.
3. Menghindari dari berbagai penyakit
source: http://parfaitlingerie.com

Nah, itu dia Moms, manfaat untuk melepas bra. Menurut Dokter Sehat, menyakini bahwa tidur tanpa bra lebih baik, karena aliran darah akan semakin lancar, tidak menghambat pernafasan dan tidur semakin berkualitas. Well, semoga artikel ini berguna ya, Moms!