Crosshijaber

Istilah crosshijaber sendiri diambil dari dari crossdressing, di mana pria mengenakan gaun wanita dan tampil dengan makeup. Crosshijaber jadi viral setelah akun Twitter @lnfinityslut mengunggah thread tentang keberadaan komunitas tersebut.

Crosshijaber bahkan memiliki komunitasnya di Facebook dan Instagram, bahkan ada hashtag-nya sendiri. Dari tangkapan layar Insta story, terpampang wajah pria yang mengenakan pakaian gamis, hijab panjang dan ada yang memakai cadar. Namun setelah ditelusuri, beberapa akun tersebut telah lenyap.

Heboh Crosshijaber, Fenomena Pria Behijab yang Meresahkan dan Patut Diwaspadai
source: https://nakita.grid.id/amp/021883592/waspada-meski-berhijab-bahkan-bercadar-komunitas-ini-ternyata-adalah-kaum-lelaki-kerap-masuk-toilet-dan-ruangan-salat-wanita-di-mesjid

Kelompok ini tentu saja meresahkan bagi masyarakat, khususnya bagi kaum hawa. Pasalnya, kelompok crosshijaber ini tak segan-segan masuk ke toilet umum ataupun masjid bergabung dengan kaum wanita lainnya. Beberapa dari crosshijaber ini sendiri mengakui bahwa mereka tidak ada penyimpangan orientasi seksual, artinya mereka masih menyukai lawan jenis. Dan ada beberapa yang mengaku bahwa dirinya heteroseksual.

Model yang sering kali digunakan adalah baju panjang dan lebar. Kadang, lengkap dengan hijab bahkan cadar. Sehingga tak ada yang tahu kalau sebenarnya mereka adalah pria.

Akun crosshijaber yang menghebohkan sosial media

Dari akun crosshijaber, seorang pria menceritakan apa alasannya melakukan aksi ini.

Heboh Crosshijaber, Fenomena Pria Behijab yang Meresahkan dan Patut Diwaspadai

"Karena banyak yang tanya; Kak, kok berani sih sampai keluar-keluar gitu? Kok berani sih ke masjid? Emang nggak ketahuan, kok berani sih? Emang nggak pada lihat kaka, ya?

Jadi gini,

Kalau aku pribadi, kenapa harus takut? Kenapa harus ragu? Kalau kalian masih takut atau ragu, mending udahan deh hobi jadi crosshijaber. Sebenarnya berani itu bukan modal utama, modal yang paling penting itu niat.

Karena kalau kita niat, kita pasti bisa dandan lebih maksimal lagi, kalau niat, kita bisa tampil lebih maksimal lagi. Dan kalau kita niat, kita bisa beli makeup, baju, dan lain-lain.

Satu prinsip aku: kalau kita pede sama dandanan kita, berarti gak ada yang harus ditakuti lagi. Yakin aja kalau kita cewek. Tempatin kalau diri kalian tuh cewek. Karena kalau diri kalian sudah pede sama outfit, orang lain juga bakal ngira kalau kamu itu cewek."

baca juga

Crosshijaber termasuk tindakan kriminal

Dikutip dari Okezone, Psikolog Klinis Meity Arianty bagaimana pandangannya. Menurut dia, ini perlu mendapat perhatian dan baginya, apa yang dilakukan kelompok crosshijaber adalah tindakan kriminal. Sebab, jika si pelaku melakukan upaya ini untuk mendekati perempuan, pada akhirnya ini akan menjadi pelecehan.

Upaya kriminal ini dapat dilihat juga dari aksi mereka yang sampai masuk ke ranah privasi perempuan, yaitu toilet dan masjid. Para crosshijaber ini dengan mudahnya masuk toilet perempuan dan berada di saf perempuan di dalam masjid. Ini tentu bukan sesuatu yang dapat dikatakan benar.

Heboh Crosshijaber, Fenomena Pria Behijab yang Meresahkan dan Patut Diwaspadai

Mei pun menegaskan kalau ini adalah tindakan penyimpangan. Dia berpesan pada masyarakat untuk jangan menganggap hal menyimpang jadi sesuatu yang tidak bermasalah dengan alasan tertentu.

Mei juga menyarankan agar masyarakat bersikap lebih hati-hati sekarang. Masyarakat tidak boleh membiarkan hal ini berkembang. Bagi Mei, ini bukan masalah suka atau tidak, pun hak pribadi dalam berekspresi, karena penyimpangan tetap saja penyimpangan, tidak ada pembenaran.

Kelompok crosshijaber dianggap mencoreng citra muslimah

Kaum muslimah ditandai dengan menggunakan baju yang menutup aurat, kelompok crosshijaber yang sebenarnya adalah laki-laki dan kerap membaur dan menggunakan ruang publik yang diperuntukkan khusus untuk wanita tentu saja dapat mencoreng citra pakaian muslimah tersebut.

Bahkan salah satu pengguna hijab, Nur, menolak adanya komunitas tersebut. Dia menilai, fenomena crosshijaber ini mencoreng hijab.

Heboh Crosshijaber, Fenomena Pria Behijab yang Meresahkan dan Patut Diwaspadai
source: https://m.brilio.net/serius/crosshijaber-komunitas-yang-bikin-resah-dan-sudah-dikecam-mui-191014j.html
"Hijab itu kan pakaian takwa, identitas. Jadi tidak boleh kalau dipakai oleh laki-laki. Setiap manusia harus sesuai fitrahnya dia," tutur Nur, seorang karyawan swasta.
source: https://m.brilio.net/serius/crosshijaber-komunitas-yang-bikin-resah-dan-sudah-dikecam-mui-191014j.html

Dia juga khawatir, hijab akan dijadikan alat untuk melakukan kejahatan dan kesempatan melakukan pelecehan seksual terhadap wanita tanpa mereka sadari.

baca juga

Oleh karena itu, dia berharap, penganut crosshijaber tidak menggunakan hijab ketika di tempat umum. Juga tidak menggunakan fasilitas umum untuk wanita.

"Karena kalau yang pakai hijab seperti saya, beberapa bagian tubuh kan aurat ya. Nanti kelihatan sama mereka, dong," kata Nur menambahkan.

Heboh Crosshijaber, Fenomena Pria Behijab yang Meresahkan dan Patut Diwaspadai
source: https://www.alumni212.id/2019/10/hati-hati-cross-hijaber-dandan-berhijab.html?m=1

Nah Moms, jadi mulai sekarang lebih berhati-hati dalam menggunakan ruang publik dan jangan ragu melaporkan setiap tindakan kriminal ke orang sekitar ataupun pihak berwajib.