Tak jarang kita mendapati kulit kaki yang kusam dan gelap. Hal ini dapat terjadi karena alas kaki yang tak tertutup menyeluruh sehingga membuat kaki tersengat sinar matahari. Selain itu, jarangnya menggunakan scrub juga menjadi penyebab kulit kaki tak terawat dan kusam. Untuk mengatasi kulit kaki kusam Moms dapat menggunakan tips berikut ini agar menjadikan kaki bersih, putih, dan sehat terawat. Yuk simak penjelasannya berikut ini:

Atasi Kaki Kusam dengan 4 Cara Mudah Ini

Hindari Mandi Air Panas Terlalu Lama

Pastikan Moms tidak terlalu lama mandi air panas karena dapat menghilangkan kelembapan kulit dan juga mengganggu fungsi dari kelenjar minyak alami kulit. Hal ini dapat menjadikan kulit Moms menjadi kering, pecah-pecah, dan kusam. Selain itu, mandi dengan air panas dapat menjadikan kulit terbakar. Oleh karena itu Moms disarankan untuk membatasi waktu mandi dengan air panas tidak terlalu lama, yaitu bisa cukup 10 menit saja.

Olahraga yang Diimbangi Konsumsi Sayur dan Buah

Melakukan olahraga teratur akan menjaga kekencangan serta kelenturan kulit karena dengan berkeringat menjadikan kulit Moms lembap dan tidak kering. Hal ini akan menjadi kulit kaki Moms semakin kencang dan sehat bersih. Moms juga harus rajin mengonsumsi buah dan sayuran agar menjaga kulit tetap sehat dan lembap.

Konsumsi Kacang Kedelai

Mengonsumsi kacang kedelai dapat membuat kadar protein terjaga dan dapat dijadikan sebagai bahan pembuat kolagen (zat yang memelihara kesehatan kulit). Moms dapat menjadikan alternatif memakan tahu dan tempe setiap hari karena mengandung kacang kedelai, selain itu merupakan makanan yang menyehatkan dan lezat.  Isoflavon dalam kedelai juga bertindak sebagai antioksidan untuk menjaga kerusakan akbiat radikal bebas yang dapat memunculkan noda hitam dan keriput pada kulit. Dengan mengonsumsi kacang kedelai akan membantu mengatasi kulit kusam pada kaki Moms dengan baik.

Rutin Menggunakan Scurb

Menggunakan scurb dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada kulit dengan sempurna. Seperti kulit pada kaki juga menjadi sehat dan tidak kusam dengan menggunakan scrub. Selain itu, scrub juga berguna untuk merangsang pembentukan sel kulit baru yang lebih sehat dan bersih. Moms dapat meng-scrub bagian kaki setidaknya dua kali seminggu agar tidak mengakibatkan lapisan kulit jadi tipis dan rentan.