Penyebab Umum Gusi Berdarah

Jangan Disepelekan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Gusi Berdarah
source: https://www.dhealth.com.au/

Gusi berdarah pada dasarnya memang hal yang biasa terjadi mengingat gusi adalah bagian tubuh yang memang sangat rentan untuk terluka. Beberapa penyebab gusi berdarah yang umum terjadi antara lain adalah:

  • Radang gusi, penyakit yang menyebabkan inflamasi pada gusi
  • Kebiasaan menyikat gigi terlalu keras atau sikat gigi yang tidak cukup lembut
  • Baru saja memulai rutinitas flossing dan gusi masih belum terbiasa
  • Asupan obat tertentu, seperti pengencer darah
  • Gusi meradang karenA sedang hamil 
  • Penggunaan gigi palsu yang tidak pas


Kondisi Serius yang Ditandai dengan Gusi Berdarah

Jangan Disepelekan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Gusi Berdarah
source: https://www.webmd.com/

Akan tetapi, jika gusi berdarah terjadi terus menerus meskipun sudah menyesuaikan sikat gigi yang lembut, mungkin ada indikasi adanya penyakit tertentu yang sedang diderita. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat menyebabkan gusi berdarah:

baca juga

1. Periodontitis
Jika Mommy kurang baik dalam merawat radang gusi, kondisi itu dapat berlanjut hingga menyebabkan penyakit periodontal, atau periodontitis. Ini adalah sebuah kondisi gusi jangka panjang yang merusak jaringan dan tulang yang menopang gigi.

2. Leukemia
Gusi yang berdarah bisa menjadi tanda leukemia, atau kanker darah. Trombosit darah yang berperan membantu tubuh menghentikan pendarahan cenderung rendah pada penderita leukemia. Itu yang membuat seseorang menjadi lebih sulit untuk menghentikan pendarahan di berbagai bagian tubuh, termasuk gusi.

3. Kekurangan Vitamin C
Vitamin C berperan dalam membantu jaringan tumbuh dan memperbaiki diri saat terjadi luka. Inilah yang bekerja dalam penyembuhan luka serta penguatan tulang dan gigi. Saat tubuh tidak memiliki cukup vitamin C, seseorang mungkin merasa lemah dan lesu diikuti dengan gejala gusi yang bengkak dan berdarah.

4. Kekurangan Vitamin K
Jika Mommy melihat terjadi banyak pendarahan pada gusi, itu mungkin karena tubuhmu tidak mendapatkan cukup vitamin K. Vitamin ini membantu pembekuan darah dengan benar. Itulah sebabnya pendarahan sering terjadi pada orang-orang yang kekurangan vitamin K.

Jangan Disepelekan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Gusi Berdarah
source: https://www.apester.com/


Mengatasi Gusi Berdarah

Itulah beberapa penyebab gusi berdarah yang umum terjadi pada kebanyakan orang. Jika gusi berdarah yang Mommy alami sangat mengganggu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. 

  1. Jagalah kebersihan gigi dengan baik sebagai langkah pertama untuk mencegah gusi yang berdarah.
  2. Kunjungi dokter gigi dua kali per tahun untuk pembersihan profesional. Dokter gigi juga akan memberi tahu jika Mommy menderita radang gusi dan mengajari cara menyikat gigi dengan benar. Menyikat dan flossing dengan benar dapat menghilangkan plak dari garis gusi Anda dan mengurangi risiko terkena penyakit periodontal.
  3. Gunakan obat kumur antiseptik untuk meminimalkan plak yang terbentuk di mulut. Jangan lupa untuk membilas dengan air garam hangat untuk membantu menenangkan gusi yang bengkak yang mudah berdarah.
  4. Gunakan sikat gigi yang lembut. Ini akan berkerja lebih baik pada gusi yang meradang, terutama jika Mommy sering mengalami pendarahan setelah menyikat gigi. Bulu medium dan keras mungkin terlalu kasar untuk gusimu.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah gigi berdarah. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!