1. Kadar Minyak Dalam Tubuh Berkurang

Ketika sedang hamil maka perubahan hormon yang fluktuatif akan terjadi, dimana kadar minyak dan elastisitas tubuh menjadi berkurang. Beberapa wanita akan mengalami perubahan kulit seperti bersisik, jerawat dan kulit kering. Kebanyakan kulit kering atau bersisik terjadi pada bagian tubuh seperti wajah, perut, dan bagian tangan. Sebaiknya Moms mengoleskan minyak zaitun atau body lotion berbahan ke seluruh bagian tubuh yang bersisik atau kering. 

source: https://babycenter.com

2.  Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan ketika masa kehamilan merupakan salah satu penyebab kulit kering dan bersisik. Saat hamil air putih sangat berperan penting untuk kebutuhan cairan bagi ibu hamil dan juga janin. Ketika Sang ibu kekurangan cairan dalam tubuh maka kulit otomatis akan kering. Kalau sudah kering pasti akan mulai berjerawat. Sebaiknya Moms rutin mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas atau 2 liter per hari agar kulit tetap lembap dan mencegah dehidrasi. 

source: http://rebelcircus.com
baca juga

3. Kurang Mengonsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah juga dua makanan yang berperan penting untuk kesehatan kulit tubuh ibu hamil. Kandungan berbagai vitamin dan antioksidan pada buah dan sayur dapat merawat kulit tubuh dari dalam sehingga terhindar dari masalah kulit kering saat hamil. Agar kulit kering dan bersisik menghilang, perbanyaklah konsumsi sayur dan buah setiap hari. Buah yang baik moms konsumsi seperti strawberry, apel, kiwi atau jeruk. Sedangkan untuk sayuran sebaiknya moms mengonsumsi sayuran hijau super seperti brokoli, sawi hijau, bayam dan juga kacang panjang. 

source: http://sheknows.com

4. Terpapar Sinar Matahari

Terlalu banyak beraktivitas di luar rumah saat siang hari sangat tidak dianjurkan bagi ibu yang sedang hamil. Paparan sinar matahari ultra violet dapat menyebabkan kulit Moms mengering dan timbul ruam-ruam merah. Nah, untuk mecegahnya Moms bisa menggunakan tabir surya untuk melapisi kulit wajah dan tubuh agar tidak terkena paparan sinar matahari lansung. Selain itu saat siang hari moms sebaiknya menggunakan pakaian tertutup dan juga topi agar kulit wajah tidak terkena sinar matahari langsung. 

source: https://www.fitpregnancy.com