Proses kelahiran si buah hati selalu dinanti ya, moms. Nah jika Anda termasuk moms yang melahirkan secara normal atau sering juga disebut per vaginam. Moms wajib tahu cara merawat organ kewanitaan pasca proses melahirkan. Saat melahirkan normal ada resiko terjadinya robekan di daerah perinium yakni disekitar vagina dan anus. Robekan ini bisa terjadi secara spontan atau sengaja dilakukan oleh petugas medis ketika proses kelahiran bayi.

Tindakan pengguntingan yang juga disebut episiotomi ini dilakukan demi memperlebar jalan si jabang bayi, agar lebih mudah lahir. Setelah proses melahirkan usai biasanya para petugas medis menyatukan kembali robekan tersebut dengan cara menjahit. Nah, jahitan ini wajib moms rawat agar cepat pulih seperti sedia kala. Berikut cara mudah merawat luka vagina usai melahirkan normal.

Jaga Kebersihan Vagina

Setelah melahirkan moms akan memasuki masa nifas. Dimana darah akan terus keluar dari vagina. Namun di sisi lain bagi moms yang mengalami robekan saat melahirkan juga wajib menjaga luka jahitan tetap kering. Untuk itu pastikan moms rajin mengganti pembalut minimal 3 jam sekali. Setiap mengganti pembalut jangan lupa bersihkan area miss v dan sekitarnya. Kemudian keringkan sebelum mengenakan pembalut.

Hal yang sama juga wajib moms lakukan setiap Anda usia buang air kecil dan besar. Moms juga bisa membersihkan area jahitan dengan menggunakan waslap dan sabun khusus untuk area v. Bersihkan luka jahitan perlahan dan bilas hingga bersih. Jangan lupa keringkan terlebih dahulu sebelum mengenakan celana dalam.

Jaga Kebersihan Vagina
baca juga

Bersihkan Vagina dengan Tehnik yang Benar

Membasuh vagina menjadi salah satu cara untuk menjaga organ tersebut tetap bersih. Untuk itu moms perlu mengetahui bagaimana tehnik membasuh yang benar. Caranya adalah dengan membasuh dari arah depan ke belakang. Terutama saat usai buang air besar. Moms harus membasuh dari arah utera ke anus. Jika moms melakukan sebaliknya tentu hal tersebut akan beresiko mengakibatkan inveksi pada vagina. Dikarenakan bakteri dari anus bisa saja masuk ke lubang vagina dan menjadi penyebab inveksi.

Gunakan Maternity Pad Bukan Tampon

Setelah melahirkan moms memasuki masa nifas. Moma akan melewati masa ini maksimal 40 hari. Saat nifas menggunakan pembalut khusus ibu melahirkan lebih disarankan daripada yang lain seperti tampon. Hal ini tentu karena cara penggunaannya yang lebih mudah dibandingkan tampon. Di sisi lain penggunaan tampon dapat mengkibatkan resiko infeksi vagina lebih besar. Moms, bisa menjaga kebersihan area miss v dengan sering menggantinya.

Gunakan Maternity Pad Bukan Tampon
baca juga

Makan Makanan Berserat

Usai melahirkan rasa nyeri pada vagina tak bisa dihindarkan. Apalagi pada area yang dijahit jika moms mengalami robekan. Rasa tersebut kerap datang lebih hebat usai buang air besar. Untuk itu penting bagi moms mengonsumsi makan makanan berserat tinggi. Hal ini agar menghindarkan moms dari sembelit yang membuat rasa nyeri makin terasa. Kandungan serat tinggi pada makanann yang moms konsumsi juga baik untuk moms yang sedang masa pemulihan. Jika diperlukan mintalah obat untuk melunakkan atau mempermudah saat buang air besar.

Periksakan ke Dokter

Biasanya jika moms menjalani proses melahirkan normal. Anda tidak akan lama-lama di rumah sakit. Namun sebagai gantinya moms wajib kembali memeriksakan ke dokter atas kondisi Anda. Paling tidak dua hari setelah diperbolehkan pulang. Pemeriksaan dilakukan untuk memeriksa jahitan pada pirenium dan rahim moms. Biasanya dokter akan melakukan USG untuk memastikan rahim moms sudah bersih. Dan moms dinyatakan akan pulih beberapa hari kemudian. Terutama jika jahitan sudah mulai mengering.

Periksakan ke Dokter

Rutin Mengobati Luka Jahitan

Jahitan pada area pirenium biasanya dialami bagi moms yang melahirkan secara normal untuk pertama kali. Rasa nyeri akan terasa usai melahirkan meski hanya untuk jalan ataupun duduk. Agar cepat pulih biasanya dokter akan memberi obat yang diminum secara oral dan dioleskan pada bagian jahitan. Jadi moms harus rutin untuk meminum obatnya dan mengoleskan obat pada area jahitan. Jangan lupa sebelum mengoles pastikan tangan dan area jahitan sudah dibersihkan terlebih dahulu. Moms bisa mulai mengoleskan setelah mandi atau setiap moms akan mengganti pembalut.

Lakukan Gerakan Senam Kegel

Senam kegel memiliki banyak manfaat. Diantaranya dapat membuat otot panggul bagian bawah Anda kencang. Yang termasuk dalam otot panggul bagian bawah adalah otot-otot di bawah rahim, kantong kemih, dan usus besar.Tak heran gerakan ini juga bisa mengatasi wasir yang kerap dialami moms usai melahirkan.Anda bisa melakukan senam kegel saat kondisi sudah pulih. Umumnya moms yang melahirkan normal akan benar-benar pulih dan siap melakukan aktivitas olahraga setelah satu bulan usai melahirkan. Tak hanya untuk miss v, senam kegel juga bermanfaat agar terhindar dari wasir.

Lakukan Gerakan Senam Kegel