Dilansir dari HaiBunda, mie Shirataki berasal dari Jepang dan sering disebut sebagai "Miracle Noodles". Hal ini disebabkan mie Shirataki dapat menurunkan berat badan. Mie Shirataki diolah dari Konnyaku, sejenis tanaman umbi-umbian anggota genus Amorphophallus yang tumbuh di daerah subtropis seperti Asia Timur. Konnyaku merupakan tumbuhan tahunan dari umbi besar yang bisa mencapai diameter 25 cm.  
Diet dengan Mie Shirataki, Ketahui Manfaat dan Tips Mengonsumsinya
source: http://www.istock.com

Kandungan mie Shirataki

Mie Shirataki sering digunakan untuk sukiyaki dan gyudon, makanan khas Jepang. Konnyaku diketahui mengandung glukomannan, di mana kandungan ini termasuk jenis polisakarida. Dari pakar nutrisi dan diet Franziska Spritzler RD, CDE mengatakan, "Mie shirataki banyak mengandung air, 97 % air dan 3 % serat glukomannan. Mie ini juga rendah kalori". Mie shirataki yang dijual bebas terbuat dari tepung glukomanan, air dan sedikit jeruk nipis.
Kandungan mie Shirataki
source: http://www.thespruceeats.com
baca juga

Manfaat mie Shirataki

Sebuah studi mengatakan bahwa mie shirataki dapat membantu dalam menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan. Menurut Spritzler, kandungan serat dalam mie shirataki dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Hal tersebut dikarenakan adanya fermentasi serat menjadi asam lemak rantai pendek (shirt-chain fatty acids) yang bisa menstimulasi pelepasan hormon untuk meningkatkan rasa kenyang. Menurut Spritzler,  "Salah satu studi menemukan, orang yang mengonsumsi glucomannan 4 sampai 8 minggu mampu menurunkan berat badannya 1,4 sampai 2,5 kilogram".
Manfaat mie Shirataki
source: http://www.bulletproof.com

Baru-baru ini, para ilmuwan di Jepang menemukan bahwa konnyaku dalam mie shirataki dapat membersihkan sisa-sisa makanan dalam usus besar sehingga tidak mudah mengalami sembelit. Adapun yang mengatakan mie Shirataki dapat menormalkan kadar kolesterol dalam tubuh, mencegah darah tinggi dan menormalkan kadar gula dalam darah. Hal ini membuat mie shirataki cocok untuk diet.

baca juga

Tips Mengonsumsi Mie Shirataki

Mie Shirataki pada dasarnya tidak memiliki rasa, sehingga tidak menganggu cita rasa pada masakan. Mie Shirataki sebaiknya dicuci dan direndam dulu agar menghasilkan rasa yang terbaik. Setelah dicuci, rebus mie Shirataki selama 2-3 menit dengan api yang sedang. Setelah matang, goreng mie Shirataki tanpa menggunakan minyak. Cukup goreng dengan api kecil hingga mendesis. Setelah proses masak selesai, jangan lupa berikan seasoning atau bumbu pada mie Shirataki. Dan sajikan dengan makanan penuh gizi lainnya, seperti jamur dan daging. 
Tips Mengonsumsi Mie Shirataki
source: http://www.shutterstock.com
Nah, itu dia Moms, mie Shirataki yang cocok untuk diet dan memiliki banyak manfaat. Tertarik mencobanya?