1. Terapkan Pentingnya Mencuci Tangan 

5 Tips Sederhana dari Dokter Anak untuk Menjaga Balita Tetap Sehat
source: https://thrive.psu.edu/

Kebiasaan sederhana pertama yang tidak boleh disepelekan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak adalah dengan membangun kebiasaan mencuci tangan setiap akan makan atau setelah pulang dari luar. Hampir semua dokter anak menekankan pentingnya mencuci tangan sebelum makan; setelah menggunakan kamar mandi; setelah menyentuh atau bermain dengan hewan peliharaan dan hewan; serta setelah batuk, bersin, atau menyeka hidung. Membiasakan ini sejak dini akan membangun kebiasaan baik dan menyehatkan ini.


2. Meningkatkan Aktivitas Fisik Anak

5 Tips Sederhana dari Dokter Anak untuk Menjaga Balita Tetap Sehat
source: https://parenting.firstcry.com/

Mendorong anak untuk bermain menggunakan imajinasi dan fisik adalah salah satu langkah untuk menjaga mereka tetap sehat. Kurangnya aktivitas fisik merupakan penyebab utama obesitas dan penyakit pada masa kanak-kanak. Itulah sebabnya, dr. Jean Moorjani, dokter anak dari Orlando, Florida, sangat mendorong anak-anaknya melakukan permainan kuno dengan menerapkan aturan "waktu bebas teknologi". Ia juga secara teratur mengajak anaknya bermain di luar rumah saat cuaca sedang cerah. 

baca juga


3. Jauhi Penggunaan Sabun Antibakteri

5 Tips Sederhana dari Dokter Anak untuk Menjaga Balita Tetap Sehat
source: https://createplaytravel.com/

"Jangan terlalu berlebihan dengan kebersihan." Itulah yang dikatakan dr. Katja Rowell, seorang dokter keluarga, spesialis gizi anak, di St. Paul, Minnesota. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan sabun antibakteri dan pembersih kimia memang ampuh membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri. Sayangnya, mereka juga membasmi keberadaan bakteri baik yang membantu menjaga tubuh anak tetap sehat. Sabun dan air yang biasa cukup baik untuk mencuci tangan.


4. Istirahatkan Anak Saat Sakit

5 Tips Sederhana dari Dokter Anak untuk Menjaga Balita Tetap Sehat
source: https://www.parents.com/

Tempatkan anak-anak di rumah ketika mereka sakit. Sebagian orangtua cenderung menganggap bahwa batuk pilek adalah penyakit biasa yang tidak akan mengganggu kegiatan di sekolah. Sayangnya, membiarkan anak untuk beraktivitas saat dalam kondisi tidak fit dapat menambah parah kondisinya. Jadi, berikan waktu anak untuk beristirahat hingga ia benar-benar siap untuk kembali ke sekolah. Mommy juga harus menghindari peluang si kecil menularkan penyakitnya pada anak lain karena ini dapat membuka peluang mereka terinfeksi lagi.

baca juga


5. Jangan Keras terhadap Asupan Junk Food

5 Tips Sederhana dari Dokter Anak untuk Menjaga Balita Tetap Sehat
source: https://www.romper.com/

Terakhir, dr. Rowell juga menyanggah kecenderungan untuk memberik label makanan sehat dan makanan tidak sehat. Mommy mungkin dapat mengurangi asupan makanan ringan tidak bergizi itu. Tapi, pastikan untuk tidak membuat aturan yang terlalu keras dalam asupan makanan anak. Tidak ada salahnya untuk menyantap ciki favorit anak sambil menghabiskan semangkuk sayur bayam hangat. Ini sangat penting, sebab ketika makanan dilarang, anak-anak akan benar-benar mencarinya. Kondisi ini dapat membawanya pada masalah makan di kemudian hari.