1. Perubahan Tekstur Kulit

Selain Benjolan, Ini 5 Gejala Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai
source: https://www.personneltoday.com/

Perubahan kulit mungkin merupakan tanda awal kanker payudara. Kanker payudara dapat menyebabkan perubahan dan peradangan pada sel-sel kulit yang nantinya berisiko menyebabkan perubahan tekstur. Contoh perubahan tekstur ini meliputi:

  • kulit bersisik di sekitar puting dan areola, seolah-olah kulit terbakar sinar matahari atau sangat kering
  • penebalan kulit di beberapa bagian payudara

Perubahan-perubahan tekstur ini juga dapat menyebabkan munculnya rasa gatal, meskipun itu tidak umum. Selain itu, pahami juga bahwa perubahan tekstur juga dapat terjadi sebagai akibat dari kondisi kulit jinak, termasuk dermatitis dan eksim.


2. Keluarnya Cairan dari Puting

Selain Benjolan, Ini 5 Gejala Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai
source: https://www.medicalnewstoday.com/

Tanda kedua yang dapat diamati adalah keluarnya cairan dari puting susu. Cairan ini bisa sangat cair atau pun kental dengan warna yang bervariasi dari bening hingga putih  seperti susu hingga kuning, hijau, atau merah. Jika ini terjadi, khususnya saat Mommy sedang tidak menyusui, segera konsultasikan diri pada dokter.

baca juga


3. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Selain Benjolan, Ini 5 Gejala Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai
source: https://www.express.co.uk/

Kelenjar getah bening adalah kumpulan kecil dari jaringan sistem kekebalan yang menyaring cairan dan menangkap sel-sel yang berpotensi berbahaya, termasuk bakteri, virus, dan sel kanker. Jika sel kanker meninggalkan payudara, tempat pertama perjalanannya adalah daerah kelenjar getah bening di area ketiak di sisi yang sama dengan payudara yang terkena. Selain pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak, Mommy mungkin dapat memperhatikannya juga di sekitar tulang selangka. Mereka biasanya merasa seperti benjolan kecil, keras, bengkak dan mungkin lunak saat disentuh.


4. Nyeri pada Payudara dan Puting

Selain Benjolan, Ini 5 Gejala Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai
source: https://www.healthline.com/

Kanker payudara dapat menyebabkan perubahan sel-sel kulit yang menimbulkan perasaan sakit, nyeri saat tekan, dan ketidaknyamanan pada payudara. Meskipun kanker payudara seringkali tidak menimbulkan rasa sakit, penting untuk tidak mengabaikan tanda atau gejala yang mungkin disebabkan oleh kanker payudara. Beberapa kasus orang dengan kanker payudara menggambarkan sumber rasa sakit seperti sensasi terbakar.

baca juga


5. Kulit Kemerahan

Selain Benjolan, Ini 5 Gejala Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai
source: https://www.healthcentral.com/

Terakhir, kanker payudara juga dapat menyebabkan perubahan pada kulit yang mungkin membuatnya tampak berubah warna merah atau bahkan seperti memar. Dengan kata lain, kulit mungkin akan tampak merah atau ungu atau memiliki warna kebiruan. Apabila seseorang tidak merasakan atau mengalami trauma pada payudara baru-baru ini untuk menjelaskan memar yang muncul, mereka harus pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi yang terjadi.