Perjanjian Pranikah

Dengan begitu banyak pernikahan yang gagal dan berakhir dengan perceraian, banyak pasangan yang hendak menikah berpikir untuk membuat perjanjian pernikahan. Perjanjian pernikahan adalah perjanjian di mana pria dan wanita menetapkan persyaratan khusus untuk pernikahan mereka dalam batas-batas hukum. Kesepakatan ini biasanya berupa pembagian harta dan perjanjian untuk pembagian hak dan kewajiban dalam pernikahan itu sendiri.

Serba-serbi Perjanjian Pranikah, Perlukah Dilakukan?
source: https://ghma.law/

Perjanjian pranikah menentukan hak dan kewajiban pasangan serta peraturan yang menentukan bagaimana penghasilan dan aset bersama dikelola. Kontrak atau perjanjian pranikah ini biasanya memang dibuat sebelum pernikahan berlangsung. Namun, jika memang diinginkan, perubahan dan penambahan poin perjanjian masih dimungkinkan selama masa pernikahan selama kedua pihak sepakat.

Serba-serbi Perjanjian Pranikah, Perlukah Dilakukan?
source: https://www.theknot.com/
baca juga


Mengapa Perjanjian Pranikah Perlu Dilakukan?

Perjanjian pranikah sebenarnya penting untuk dimiliki oleh pasangan yang akan menikah karena cenderung melindungi hak dan kewajiban dari masing-masing pihak. Apalagi jika sebelum menikah masing-masing pasangan sudah memiliki aset dengan jumlah tertentu yang signifikan. Dalam membuat pernjanjian pranikah, pasangan biasanya akan dipaksa untuk berbicara terbuka tentang keuangan (baik itu aset dan hutang), kepada calon pasangan. Setelah disepakati dalam perjanjian, pemisahan urusan finansial ini juga dapat melindungi aset dari masing-masing pihak, sekaligus melindungi pihak yang tidak memiliki beban hutang.

Serba-serbi Perjanjian Pranikah, Perlukah Dilakukan?
source: https://www.legalzoom.com/

Seperti namanya, perjanjian pranikah biasanya dibuat sebelum pernikahan berlangsung. Namun, perubahan atau pun penambahan poin perjanjian masih dapat dilakukan selama pernikahan selama keduanya bersepakat. Dokumen juga harus ditulis dan harus meringkas kewajiban hukum yang dimiliki satu pasangan terhadap yang lainnya. 

Serba-serbi Perjanjian Pranikah, Perlukah Dilakukan?
source: https://dewittlaw.com/
baca juga


Manfaat Memiliki Perjanjian Pranikah

Perjanjian pranikah membantu kedua pasangan untuk memasuki pernikahan untuk mengantisipasi konflik apabila terjadi perceraian. Perjanjian juga membantu menyoroti masalah keuangan yang mungkin dapat menyebabkan konfrontasi dalam proses perceraian. Dengan masalah keuangan yang jelas, ada perlindungan untuk setiap warisan. Aset bisnis yang telah diakumulasikan juga akan terlindungi dan anak-anak dari pernikahan sebelumnya (jika ada) juga dilindungi sehingga kesejahteraan finansial mereka tetap terjamin.

Serba-serbi Perjanjian Pranikah, Perlukah Dilakukan?
source: https://watson-legal.com/

Membuat perjanjian pranikah tidak berarti pihak yang akan menikah tidak percaya satu sama lain atau bahkan berniat untuk berpisah suatu saat nanti. Perjanjian ini hanya dibuat untuk mencegah hal-hal terburuk yang mungkin terjadi sehingga semua hak dan kewajiban yang sudah disepakati dapat terjamin secara hukum.