Kesehatan rambut harus selalu diperhatikan, moms. Hal tersebut dikarenakan banyak masalah rambut yang sering dialami tidak hanya ketombe, tetapi rambut yang rontok. Rambut rontok biasa disebabkan oleh keturunan, stress, terserang penyakit autoimun, anemia, sering menggunakan pemanas rambut kekurangan protein, kekurangan vitamin B, dan kulit kepala atau akar rambut yang tidak sehat.

Mengatasi masalah rambut rontok bisa dengan mengubah gaya hidup yang lebih baik, melalukan perawatan dari luar seperti menggunakan vitamin rambut, serta amengonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat menguatkan akar rambut. Di bawah ini adalah makanan yang bermanfaat bagi akar rambut agar tetap kuat, sehat, dan tebal.

Kenari

Untuk bisa merasakan manfaatnya, moms bisa mengonsumsi kenari yang mengandung vitamin B1, B6, B9, magnesium, protein, dan biotin. Kandungan-kandungan tersebut mampu menyehatkan kulit kepala dan menguatkan kutikula rambut, sehingga terhindar dari masalah rambut tipis karena kerontokan.

Kenari
baca juga

Telur dan Produk Susu

Telur dan produk susu wajib moms konsumsi ketika mengalami kerontokan rambut, karena telur dan produk susumemiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan rambut seperti vitamin B12, zat besi, protein, dan omega 6. Nutrisi terpenting yang terkandung pada telur dan susu yakni kandungan biotin atau vitamin B7 yang berfungsi melawan kerontokan rambut. Kandungan biotin juga terdapat pada yogurt. Selain dikonsumsi, yogurt juga sering dijadikan bahan untuk masker rambut.

Telur dan Produk Susu

Bayam

Bayam menjadi sumber nutrisi untuk menyehatkan dan menguatkan rambut. Bayam yang mengandung protein dan zat besi mampu memperkuat akar rambut yang membutuhkan zat besi lebih. Zat besi sendiri berfungsi mengangkat nutrisi dan oksigen ke akar rambut sehingga akar rambut tetap kuat, tidak mudah rapuh dan patah. Bayam mengandung asam omega, kalsium, magnesium, dan potasium yang membuat rambut berkilau sekaligus menjaga kesehatan kulit rambut. Bayam bisa menjadi conditioner alami karena mengandung sebum.

Bayam
baca juga

Stroberi

Moms yang sudah terlanjur mengalami rambut rontok sehingga rambut menjadi tipis, disarankan mengonsumsi stroberi yang kaya kandungan antioksidan dan vitamin C. Kandungan tersebut berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut. Vitamin C sendiri bermanfaat menguatkan dan menebalkan rambut, serta meningkatkan produksi kolagen. Selain dikonsumsi, stroberi juga bisa dijadikan masker rambut.

Stroberi

Daging Ayam

Tingginya kandungan protein pada daging ayam juga akan berefek baik bagi kesehatan rambut. Selain protein, daging ayam mengandung asam amino sulfur yang membantu pertumbuhan rambut. Selain daging ayam, kalkun juga mengandung protein. Protein yang tinggi berkhasiat mencegah terjadinya kerontokan rambut.

Daging Ayam

Lentil

Lentil mengandung asam folat yang berfungsi memulihkan sel darah merah yang diperlukan untuk menyimpan oksige ke kulit kepala sehingga kulit kepala tetap sehat, menguatkan akar rambut, dan mencegah kerusakan pada rambut. Ditambah lagi, lentil mengandung zat besi yang tinggi. Zat besi memiliki peran yang sama dengan asam folat. Jika moms ingin rambut yang lembut dan tebal, sebaiknya rutin mengonsumsi lentil.

Lentil

Biji Rami

Biji rami memiliki khasiat membuat rambut lebih sehat dan elastis sehingga rambut tidak mudah patah dan rontok. Asam lemak omega 3 terkandungan di dalam biji rami. Kandungan tersebut akan membrane sel kulit kepala, dan menyehatkan folikel.

Biji Rami

Jambu Biji

Dibandingkan jeruk, jambu biji lebih tinggi kandungan vitamin C. Selain vitamin C, jambu biji mengandung vitamin B, kedua vitamin tersebut berfungsi meningkatkan aktivitas kolagen yang juga berguna meningkatkan pertumbuhan rambut, serta menyehatkan dan menguatkan akar rambut.

Jambu Biji

Alpukat

Vitamin E berfungsi bagi kesehatan rambut, yakni mampu menyeimbangkan kadang pH dan minyak pada kulit rambut sehingga pertumbuhan rambut tidak terhambat karena kelebihan kadar miyak. Kandungan vitamin E bisa moms temukan pada alpukat. Selain membantu pertumbuhan rambut, alpukat mengandung lemak tak jenuh yang membuat rambut lebih lembut.

Alpukat

Jelai

Jelai dipercaya memiliki manfaat dalam hal kecantikan kulit, hingga rambut. Jelai menjadi pelindung rambut agar tidak mudah rontok, mampu mengembalikan warna rambut, dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Kandungan vitamin E bisa dijadikan obat rambut yang rontok. Jelai juga memiliki kandungan tembaga, zat besi, dan vitamin B kompleks yang menguatkan rambut.

Jelai