Kandungan Shanty bermasalah

Beberapa bulan yang lalu, kabar bahagia datang dari pasangan Denny Cagur dan sang istri, Shanty. Mereka mengabarkan akan segera dikaruniai anak ketiga. Ya, teh Shanty dinyatakan hamil setelah proses bayi tabung yang mereka lakukan berhasil.

Namun, sayangnya kebahagiaan itu tidak bertahan lama. Pasalnya, saat usia kandungan Shanty memasuki usia 7 minggu, dokter mengatakan embrio yang dikandung oleh Shanty tidak berkembang sehingga disarankan untuk dikuret. 

Kesedihan tersebut dicurahkan sendiri oleh Shanty melalui sebuah video yang diunggah di channel YouTube-nya.

Janin Hasil Bayi Tabung Tidak Berkembang, Istri Denny Cagur Ikhlas Dikuret
source: https://today.line.me/id/article/Janin+Anak+Ketiga+Tidak+Berkembang+Shanty+Istri+Denny+Cagur+Dikuret-0n806G
"Terimakasih buat semua yang sudah mendukung teteh, tapi kali ini teteh mau kasih sebuah kabar menyedihkan. Jadi waktu tanggal 4 aku kontrol, dokter bilang kalau embrioku tidak berkembang. Itu berarti di usia kehamilanku 7 minggu dan dokter menyarankan aku untuk kuret." ucap Shanty dalam video YouTube yang diunggah pada hari Senin (14/10).
source: https://today.line.me/id/article/Janin+Anak+Ketiga+Tidak+Berkembang+Shanty+Istri+Denny+Cagur+Dikuret-0n806G

Shanty menambahkan bahwa dokter kandungan yang menangani memberikan keleluasaan kepadanya dan Denny untuk menunggu apakah embrio yang dikandungnya bisa berkembang atau tidak. Namun, saran terbaiknya adalah Shanty harus melakukan kuret. 

Banyak dukungan dari orang-orang terdekat yang menguatkan Shanty

Hal ini tentunya sangat menyedihkan bagi seorang ibu harus kehilangan janin yang telah ditunggu lama. Seperti yang dirasakan Shanty, ia sempat menangis selama dua hari berturut-turut. Sambil memeluk anak pertamanya, Shanty mengungkapkan, setiap hari ia sangat menunggu kehadiran sang buah hati. 

Tepat pada 11 Oktober 2019 kemarin, Shanty yang didampingi Denny menjalani proses kuret. Dukungan serta doa yang diberikan oleh sang suami membuat dirinya ikhlas menghadapi cobaan ini. 

Janin Hasil Bayi Tabung Tidak Berkembang, Istri Denny Cagur Ikhlas Dikuret

"Alhamdulillah aku punya suami, keluarga anak-anak kasih dukungan. Akhirnya aku ikhlas, karena aku yakin rencana Allah yang terbaik dan tanggal 11 aku kontrol dan janin tetap dinyatakan tidak berkembang dan malam itu juga aku dikuret." ucap Shanty di akhir video.

baca juga

Faktor yang menyebabkan janin tidak berkembang dalam kandungan

Dilansir dari Haibunda, menurut penjelasan dr.Rinto Siantori, Sp.OG, ciri janin tidak berkembang salah satunya tidak ditemukan denyut jantung.

Selain itu, ukuran kantung kehamilan tidak sesuai dengan ukuran janin dan usia kehamilan. Saat janin dinyatakan tidak berkembang, ibu hamil seakan dilema, apakah harus dipertahankan atau digugurkan?

Janin Hasil Bayi Tabung Tidak Berkembang, Istri Denny Cagur Ikhlas Dikuret
source: https://www.grid.id/amp/041886688/hatinya-hancur-hingga-menangis-selama-2-hari-istri-denny-cagur-harus-relakan-janinnya-dari-program-bayi-tabung

"Jika janin tidak berkembang, perlu pengeluaran hasil konsepsi, baik dengan obat ataupun kuret," jelas Rinto, yang praktik di Mayapada Healthcare Jakarta Selatan.

Seperti kondisi kehamilan yang dialami Shanty ini. Namun saat ini, kondisi Shanty sudah pulih dan justru memberi suntikan semangat, khususnya bagi para bunda yang sedang program kehamilan.

"Jangan patah semangat, jangan takut kalau mau program (hamil) karena setiap orang berbeda," ucap Shanty.