Gaya hidup minimalis mengajarkan kita untuk tidak berperilaku konsumtif sehingga keuangan tetap stabil dan aman. Gaya hidup minimalis bukan berarti ngirit, tetapi meninggalkan perilaku menyimpan atau membeli barang yang hanya diinginkan saja, namun tidak diperlukan. Dengan menerapkan gaya hidup minimalis, seseorang akan lebih fokus dengan tujuan dalam hidupnya yang tentu lebih bernilai dan bermakna. Berikut tips gaya hidup minimalis yang bisa moms tiru.

Menabung

Mengutamakan menabung saat memulai gaya hidup minimalis sangat penting. Menabung akan membantu moms mengontrol keuangan. Dibandingkan mengutang yang membuat moms tidak tenang, lebih baik menabung demi hidup yang lebih baik. Uang yang ditabung pun juga bisa disimpan jika sewaktu-waktu ada kondisi mendesak.

Uang tabungan akan membuat hidup lebih aman, serta terhindar dari risiko berutang. Memang proses ini harus penuh dengan kesabaran, tapi menabung memiliki banyak manfaat. Moms tidak perlu terburu-buru dalam hal menabung, yang terpenting adalah konsisten.

Menabung
baca juga

Merawat Barang

Merawat barang juga akan menjaga keuangan moms tetap aman, karena moms tidak akan sering membeli barang baru sebagai ganti barang yang rusak. Merawat barang tidak hanya membuat barang tetap dalam kondisi baik, tetapi menjaganya agar tidak hilang. Barang yang dirawat juga tidak hanya barang dengan harga tinggi seperti kendaraan, komputer, atau handphone, tetapi juga barang sederhana seperti pakaian, dan lain-lain. Pastikan moms menyempatkan waktu merawat barang setiap minggu, ya.

Merawat Barang

Menjual Kembali Barang yang Tidak Diperlukan

Pikirkan baik-baik barang apa saja yang tidak membuat pekerjaan jadi mudah, malah justru membuat ribet dan memenuhi tempat. Jika ada yang tak berguna, sebaiknya singkirkan dari barang yang masih berguna, kemudian jual kembali. Moms harus sudah tau barang-barang yang dimiliki beserta fungsinya. Tidak perlu banyak barang, cukup sedikit tetapi berfungsi.

Misal cukup 3 pasang sepatu dengan fungsi yang berbeda, satu pasang sepatu untuk pergi kerja, satu pasang lagi untuk olahraga, dan satu pasang lagi untuk naik gunung. Moms bisa menjual barang yang tidak diperlukan dengan harga murah, lho.

Menjual Kembali Barang yang Tidak Diperlukan
baca juga

Membeli Barang Berkualitas

Tidak perlu memiliki barang yang banyak. Sedikit barang tetapi berkualitas tinggi menjadi gaya hidup minimalis. Membeli barang dengan harga murah pun terkadang tidak akan bertahan lama, sehingga moms perlu membeli yang baru. Tentu hal itu akan buang-buang waktu dan tenaga. Tidak masalah jika membeli barang dengan harga yang cukup mahal, tetapi berkualitas, karena barang berkualitas akan bertahan lama, keuangan pun tetap stabil.

Gaya hidup minimalis sebenarnya bukan gaya hidup mengirit, tetapi gaya hidup yang menyingkirkan hal yang tidak penting dan mulai dengan hal-hal yang bernilai. Namun pastikan ya, barang mahal dan berkualitas yang moms beli haruslah barang yang benar-benar dibutuhkan.

Membeli Barang Berkualitas

Berhenti Jajan Makanan yang Tidak Perlu

Moms harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Sebagian besar orang sering tergiur membeli barang atau bahkan makanan hanya berdasarkan keinginan semata, bukan karena kebutuhan. Untuk menerapkan gaya hidup minimalis yang menjaga keuangan tetap aman, kurangi jajan makanan yang tidak perlu atau tidak dibutuhkan untuk mengenyangkan perut.

Hindari rasa penasaran terhadap jajanan makanan yang sedang tren. Jajan makanan yang tidak perlu tanpa disadari telah menghabiskan banyak uang dalam sehari. Berhenti jajan makanan bisa membuat kantong lebih aman, pola makanan pun lebih terjaga dengan baik. Mengontrol diri penting moms, agar tidak kalap saat berbelanja makanan.

Berhenti Jajan Makanan yang Tidak Perlu

Kesampingkan Gengsi dan Sederhanakan Standar Hidup

Memiliki sedikit barang terkadang memicu orang lain berkomentar tak menyenangkan tentang diri moms, seperti moms yang memakai pakaian yang hanya ‘itu-itu saja’. Kalau seperti itu, moms akan minder, bukan?

Jika moms ingin menerapkan pola hidup yang minimalis, sebaiknya buang jauh-jauh rasa minder akan komentar atau tanggapan orang lain tentang penampilan moms. Mengesampikan gengsi dan menyederhanakan standar hidup sangat penting, dan harus pula berpegang teguh pada prinsip gaya hidup minimalis alias tidak mudah goyah. Menyederhanakan standar hidup bukan berarti kualitas hidup atau barang yang dimiliki harus diturunkan, tetapi pikirkan standar hidup yang baik untuk hidup moms kedepannya.

Jika ada teman yang memiliki kendaraan pribadi, moms tidak harus memilikinya saat tidak ada cukup uang untuk membelinya. Menggunakan kendaraan umum tidak ada salahnya. Intinya tidak ikut-ikutan dengan teman yang memiliki standar hidup lebih tinggi dan bersikap konsumtif.

Kesampingkan Gengsi dan Sederhanakan Standar Hidup