Seperti dilansir dari Haibunda, berikut ini penjelasan mengenai imunisasi yang wajib diberikan pada bayi usia 3 bulan:

Imunisasi DPT-HB-Hib 2

Kegunaan dari imunisasi ini yaitu untuk mencegah penyakit difteri, tetanus, pertusis (batuk rejan), hepatitis B, dan infeksi Haemophilus influenzae tipe b secara simultan. Si kecil akan diberi suntikan imunisasi pada anterolateral paha atas secara intramaskular dengan dosis anak 0,5 ml. Imunisasi ini merupakan lanjutan dari DPT-HB-Hib 2 yang diberikan pada bayi usia 2 bulan.

Setelah pemberian imunisasi ini ada beberapa reaksi yang akan muncul dan akan berbeda pada setiap bayi. Reaksi tersebut antara lain demam, bengkak, nyeri, dan kemerahan pada lokasi suntikan, rewel, dan menangis dengan nada tinggi yang dapat terjadi selama 24 jam setelah pemberian suntikan. 

Jika si kecil demam setelah imunisasi, Moms bisa memberikan paracetamol dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter. Selain itu, berikan ASI lebih banyak untuk mengurangi timbulnya efek samping. Jika terjadi reaksi seperti bengkak atau nyeri, Moms bisa memberi kompres dingin di area belas suntikan.

Hindari memberikan imunisasi ini pada bayi yang mengalami kejang, mengalami gejala kelainan otak, dan kelainan saraf serius. Segera hubungi dokter apabila efek samping makin parah dan tidak juga membaik. 

Usia 3 Bulan, Ini Imunisasi Dasar yang Wajib Diberikan Pada Bayi
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcTO31eXsG6tuA58PrnW4D-uAA2nYDJdXolQ1WWu7TS8SDgjLG1f

Imunisasi Polio Oral 3 (Oral Polio Vaccine [OPV]) 

Imunisasi ini ditujukan untuk memberikan kekebalan aktif terhadap poliomielitis. Cara pemberiannya yaitu tidak disuntik, tapi diberikan secara oral atau melalui mulut.  Bayi diberikan sebanyak 4 kali dosis dengan interval minimal setiap 4 minggu. 1 dosis yaitu 2 tetes. Imunisasi ini juga merupakan lanjutan dari polio 1 dan 2 yang diberikan pada bayi usia 1 dan 2 bulan.

Berbeda dengan imunisasi DPT yang memiliki efek samping, imunisasi polio ini jarang sekali menimbulkan efek samping. Si kecil dapat minum ASI seperti biasa setelah diberi vaksin ini. Jika si kecil muntah dalam waktu 30 menit setelah pemberian vaksin, sebaiknya diberikan dosis ulang. 

Usia 3 Bulan, Ini Imunisasi Dasar yang Wajib Diberikan Pada Bayi
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQeogoxLf5IlueEaa4BjWsboYiwSu9lw-iGcSFyCSwd_ZzmqI-p

Demikian imunisasi wajib yang diberikan pada bayi usia 3 bulan. Jangan sampai terlupa ya Moms karena imunisasi ini akan berdampak pada kesehatan si kecil di masa depan. Semoga bermanfaat Moms!