Melansir dari Haibunda, dr.Melyawati Hermawan, Sp.KK menyatakan bahwa hampir semua produk kosmetik yang sudah berdasarkan BPOM aman untuk digunakan. Yang perlu diperhatikan yaitu apabila menggunakan produk kosmetik dari dokter.

"Jadi yang medical grade itu ada kekuatan yang cukup tinggi, bahaya untuk janin dan si ibunya sendiri. Kalau kosmetik yang dilepas diproduk pasaran tuh aman kok, jadi enggak masalah ya, deodoran aman," tutur Mely, dalam acara Dove Media Gathering di Hermitage Menteng, Jakarta, Kamis (11/7/2019), dilansir dari Haibunda.

Bolehkah Memakai Deodoran Saat Hamil? Ikuti Aturannya, Moms
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcRsBsMt9-JrqGXOWntIku88K4Z771tfooX44VA_zcQSynPv8jFd

Ketika sedang hamil, Moms harus lebih memperhatikan kandungan dari kosmetik yang digunakan. Apakah kandungan dalam kosmetik tersebut aman atau tidak jika digunakan saat hamil. 

dr. Mely mengatakan "Saat pakai deodoran, perhatikan kandungannya. Dan ternyata dari hasil riset, pewangi atau parfum itu penyebab paling mudah membuat kulit iritasi. Kemudian pengawet dalam produk, minyak-minyak natural yang buat essence-nya, vitamin E, lanolin, paraben.”

Bolehkah Memakai Deodoran Saat Hamil? Ikuti Aturannya, Moms
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcT4tfOuGm1_n5FJejxtcp4DBfMqNKKBwpfQlUJVFqoU62Ffoaby
baca juga

Selain itu, perhatikan waktu penggunaan deodoran. Sebaiknya gunakan deodoran saat malam hari sebelum tidur. Di pagi hari setelah mandi tidak perlu menggunakan deodoran lagi. Hal tersebut karena saat malam hari, kelenjar sedang tidak aktif dan Moms sedang tidak banyak beraktivitas.

"Dia kan targetnya di kelenjar, kebayang enggak kalau dia pengen masuk ke suatu sel, kayak masuk ke gang, tapi gangnya penuh, ada mobil, segala macam, kan dia jadi enggak bisa masuk, tapi kalau udah malam kan sepi tuh, enggak ada kendaraan, enggak ada apa-apa, jadi dia bisa masuk sempurna, bekerja di tempat targetnya," ujar dr. Mely.

Terakhir, gunakan deodoran saat ketiak kering ya Moms, karena jika ketiak basah dapat menyebabkan terjadinya iritasi.

Bolehkah Memakai Deodoran Saat Hamil? Ikuti Aturannya, Moms
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQGG0DF6TBN7UN9IUQVWr4o8irR0Rk9elf3goWKYamYwea8WjCP

Demikian aturan mengenakan deodoran saat hamil. Semoga bermanfaat Moms!