Saffron: Rempah Termahal dengan Sejuta Manfaat

Gak Boleh Asal, Ini Aturan Pakai dan Efek Samping Konsumsi Saffron
source: https://www.britannica.com/

Saffron yang juga populer dengan sebutan kuma-kuma dipercaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah dapat meningkatkan mood, libido, dan daya ingat, serta berperan baik sebagai antioksidan sehingga mampu melindungi sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas yang menyebabkan penyakit-penyakit kronis seperti kanker. Tidak hanya itu, saffron juga dikatakan membantu meningkatkan kondisi kesehatan kulit, sumsum tulang, mengatasi berbagai macam kanker seperti kanker prostat, paru-paru, payudara, leher rahim, serta sel kanker lainnya.


Aturan Mengonsumsi Saffron

Gak Boleh Asal, Ini Aturan Pakai dan Efek Samping Konsumsi Saffron
source: https://www.healthline.com/

Dosis penggunaan saffron sebenarnya diatur sesuai dengan tujuan penggunaannya. Jika penggunaan saffron ditujukan untuk mengatasi depresi atau PMS, Mommy hanya perlu mengonsumsinya sebanyak 15 mg untuk dua kali sehari. Sedangkan untuk penanganan penyakit alzheimer asupan yang direkomendasikan 30mg/hari.

Namun, perlu diperhatikan bahwa dosis penggunaan saffron sebenarnya bergantung pada faktor usia, riwayat kesehatan, serta beragam kondisi lainnya. Selain itu, asupan saffron untuk pengobatan juga harus dikonsultaskan dengan dengan dokter terlebih dahulu.

baca juga


Penggunaan Saffron untuk Kondisi Tertentu

  • Untuk ibu hamil dan menyusui, penggunaan saffron tidak disarankan karena dapat memicu kontraksi rahim serta menyebabkan keguguran kandungan.
  • Para penderita bipolar tidak diperkenankan mengonsumsi saffron karena saffron dapat memicu rangsangan serta perilaku impulsif pada kasus orang dengan gangguan bipolar.
  • Orang alergi terharap zaitun, lolium, dan salsola disarankan untuk menghindari saffron karena kemungkinan akan menimbulkan reaksi alergi yang sama. 
  • Mengonsumsi saffron tidak boleh dalam jumlah besar karena dapat menurunkan kondisi jantung, khususnya bagi para penderita jantung.
  • Orang dengan tekanan darah rendah tidak disarankan mengonsumsi saffron karena berisiko menurunkan tekanan darah.
Gak Boleh Asal, Ini Aturan Pakai dan Efek Samping Konsumsi Saffron
source: https://www.tasteofhome.com/


Efek Samping Saffron

Dilansir dari Honestdocs.id, sampai dengan saat ini, penggunaan saffron sepertinya relatif aman bagi mayoritas orang selama mereka mengonsumsinya dalam dosis yang tepat. Meskipun begitu, ada beberapa kemungkinan munculnya efek samping ringan seperti mulut kering, muncul rasa gelisah, pusin-pusing, mengantuk, mual-mual, perubahan nafsu makan, nyeri atau sakit kepala, atau bahkan reaksi alergi.

Gak Boleh Asal, Ini Aturan Pakai dan Efek Samping Konsumsi Saffron
source: http://jariboti.pk/

Di sisi lain, apabila seseorang mengonsumsi saffron dalam jumlah yang besar atau berlebihan, ada beberapa risiko efek samping yang cukup berat mungkin saja terjadi. Beberapa diantaranya seperti perubahan warna kuning pada kulit dan mata, sakit kepala, pusing, diare, mual dan muntah, pendarahan pada hidung, bibir, atau kelopak mata, dan efek samping lainnya. Waspadai juga asupan dosis saffron yang berlebihan. Pasalnya, mengonsumsi saffron sebanyak 12-20 gr berisiko menyebabkan kematian.