Modal, Alat & Bahan

Membuat sesuatu memang selalu butuh modal ya moms, eits tapi khusus kreasi ini bukan modal dana yang dibutuhkan tapi kekreatifan dalam berkreasi ya. Nah, untuk alat dan bahan baru moms harus menyiapkan kantong plastik putih dan hitam, kemudian siapkan kawat, tutup botol, benang jahit, tang, gunting, pita hijau, solasi ukuran kecil serta putik bunga palsu yang bisa moms beli di tempat pernak-pernik.

Membuat Bunga Cantik dari Limbah Plastik, Bagaimana Caranya?

Cara Membuat

Bunga yang akan dibuat hari ini adalah bunga anggrek, walaupun sebenarnya banyak jenis bunga yang bisa dibuat dari kantong plastik ya, pemilihan anggrek kali ini karena pembuatanya sederhana dan bisa diikuti siapa saja.

Cara membuat, diawali dengan membuat kelopak bunganya dulu ya moms. Pertama potong kawat dengan ukuran panjang 10 cm, potong sesuai jumlah bunga yang moms inginkan. Untuk pembuatan 5 bunga moms memerlukan 25 potong kawat. Kemudian tekuk ujung kawat bagian atas dengan tutup botol agar berbentuk bulat.

Langkah kedua, setelah semua kawat untuk kelopak bunga siap, potong kantong plastik melebar lalu tutup bagian kawat yang melingkar dengan plastik, dan eratkat dengan benang jahit kemudian rapikan. Lakukan hal yang sama pada sisa kawat untuk kelopak bunga.

Langkah ketiga, gabungkan 5 buah kelopak bunga dengan benang dan rapikan. Lalu tutup tangkainya dengan pita hijau, beri hiasan putik bunga pada tengahnya buatlah beberapa kuntum bunga. Agar terlihat nyata moms bisa menambahkan bunga baru. Cara membuatnya masukkan kapas pada kantong plastik putih, dan bentuklah jadi bulatan ikat dengan benang pada kawat, buatlah 3 buah agar terlihat cantik lalu satukan dengan pita hijau.

Membuat Bunga Cantik dari Limbah Plastik, Bagaimana Caranya?

Setelah semua pembuatan kuntum bunga selesai kini siapkan tangkai. Potong kawat dengan panjang 20 cm sebanyak 2, balut dengan kantong plastik hitam untuk menyatukan dan kemudian tutup dengan pita hijau. Jika tangkai sudah siap maka tinggal disusun.

Untuk menyusun bunga, awali dengan meletakan kuntum bunga baru pada bagian atas dan untuk melekatkan bunga-bunga pada tangkai gunakan pita hijau hijau agar terkesan nyata jangan lupa beri solasi agar pita hijau tidak lepas. Beri jarak pada peletakan bunga agar terlihat cantik. Dalam 1 tangkai moms bisa meletakan 5 bunga agar tidak terlihat terlalu penuh.

Nah, bagaimana moms, cara-cara mudah banget kan? Walau tampak sederhana namun budaya daur ulang semacam ini sangat bermanfaat untuk lingkungan. Selain itu, barang yang dulu di buang kini bisa jadi memiliki nilai ekonomi, dan tentunya bisa jadi penghasilan tambahan. So, selamat mencoba.

baca juga
youtube:i0_e5H-I3zs
source: https://www.youtube.com/watch?v=i0_e5H-I3zs
DIY Recycled Plastic Flowers | Easy Plastic Bag Crafts