Apa yang Dibutuhkan?

Untuk bikin organizer cantik ala rumahan moms cukup bermodalkan 2 kardus bekas dengan ukuran berbeda, kertas pembungkus kado, penggaris, lem dan cutter atau gunting. Memang untuk beberapa bahan seperti kertas kado atau lem mom memang harus beli. Namun hampir semua bahan tadi tentu mudah dicari ya moms jadi pasti enggak akan bikin repot dan modalnya pun enggak akan mahal.

Mudah dan Murah, Ini Cara Membuat Organizer dari Kardus Bekas

Bagaimana Cara Membuatnya?

Setelah moms sudah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan maka kreasipun bisa dimulai. Oh ya moms untuk memilih kardus walau bekas pilihlah yang masih memiliki kondisi prima atau yang minimal tidak sobek ya.

Sebelum memulai membuat moms harus membuat pola organizer yang ingin dibuat, pola disini berkaitan dengan tinggi atau jumlah sekat yang diinginkan. Untuk kardus yang ukuran kecil moms dapat dibagi minimal menjadi 6 sekat, misalnya.

Mudah dan Murah, Ini Cara Membuat Organizer dari Kardus Bekas

Selesai menentukan pola, moms bisa memotong pinggiran kardus untuk di jadikan pembatas atau sekat. Bila sudah dipotong kecilkan ukuran kardus, atau gunting 1 sentimenter dari ukuran semula agar nampak rapi saat dimasukan.

Bila ingin membentuk sekat letakan kardus sesuai dengan panjangnya. Dan untuk membuat sekat rapi moms bisa memotong memanjang pada bagian kardus yang diisi dengan kardus yang lain. Susun kardus dengan rapi sehingga membentuk kotak-kotak.

Sebelum menyusun sekat pada kardus, agar rapi dan lebih cantik bungkuslah kardus dengan kertas pembungkus kado, untuk warna dan motif moms bisa memilih yang moms suka. Pilih lem yang punya daya rekat kuat agar kertas tidak mudah terlepas dan tahan lebih lama. Bungkus kardus perbagian ya moms agar bisa lebih rapi, sedikit tips mulailah dari bagian luar menuju bagian dalam, dengan begitu pengeliman kertas tidak akan menggelembung.

baca juga
Mudah dan Murah, Ini Cara Membuat Organizer dari Kardus Bekas

Setelah kardus dan sekat kardus terbungkus rapi dengan kertas kado, maka tinggal menyusunya saja. Susun sekat sesuai panjang kardus dan jika moms ingin tidak mudah lepas bisa tambahkan lem pada bagian sekat ya. Bila semua sudah tersusun rapi maka tinggal tunggu sampai kardus benar-benar merekat pada tiap bagiannya. Dan jika sudah maka moms bisa langsung memakainya untuk pernik-pernik yang moms punya, seperti gelang, kalung, jam tangan atau mungkin juga kaos kaki.

Begitulah tadi moms cara bikin organizer dari kardus bekas, cukup sederhana buatnya kan? Selain praktis bikin kerajianan semacam ini juga baik untuk kelestarian lingkungan serta mampu bikin kreativitas makin ke asah. Jadi, selamat mencoba moms.