Selalu Perhatian
Orang tua yang sibuk bekerja hingga lupa terhadap keadaan anak-anaknya sebenarnya tidaklah disukai oleh anak. Anak biasanya berharap agar orang tuanya memberi perhatian terhadap perkembangan dan aktivitas yang dikerjakannya. Perhatian orang tua terhadap perkembangan dan aktivitas sehari-hari anak akan membuatnya merasa dihargai keberadaannya dan lebih termotivasi. Sesibuk apapun moms sebagai orang tua, sebaiknya berikan lah sedikit perhatian kepada anak.

Perkuat Bonding dengan Anak, Ini 7 Sikap Orang Tua yang Disukai Si Kecil
Memberi Kepercayaan dan Dukungan
Selain selalu perhatian, selanjutnya beri kepercayaan mereka untuk menangani masalah yang mereka hadapi. Kepercayaan dan dukungan orang tua terhadap aktivitas anak sepanjang aktivitas tersebut positif adalah sumber energi terbesar bagi anak. Masukan dari orang tua juga dipercaya menjadi jalan terbaik bagi anak. Penyampaian masukannya pun harus secara halus dan didasarkan pada pertimbangan yang cukup matang agar tidak menyakiti anak.

Selalu Ada Saat Dibutuhkan
Selain perhatian, kepercayaaan, dan dukungan, anak juga butuh kehadiran orang tuanya saat dibutuhkannya. Anak butuh kehadiran orang tuanya saat merasa binggung dan sedih. Kehadiran dan dukungan orang tua akan sangat ampuh untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi anak. Selain itu, kehadiran orang tua akan membuat anak merasa lebih aman dan nyaman. Jika orang tua selalu sibuk dan tidak ada satu orang pun yang bersedia mendengar curhatan anak, maka ini akan membuat anak merasa diabaikan dan kesepian.
Perkuat Bonding dengan Anak, Ini 7 Sikap Orang Tua yang Disukai Si Kecil
Tepat Janji
Janji sangat mudah diucapkan, tetapi sangat sulit untuk ditepati. Jika orang tua sudah berjanji, maka harapan anak akan sangat besar. Usahakan untuk setiap janji yang moms ucapkan ditepati agar tidak ditagih terus oleh anak. Selain itu, menepatinya akan membuat anak merasa dihargai dan bangga mempunyai orang tua yang berkomitmen.
 
Jika ingkar janji, maka akan membuat anak merasa kecewa. Apabila orang tua terlalu sering membuat kecewa anak, anak pun bisa tidak percaya lagi dengan perkataan orang tuanya. Bahkan, semuanya dianggap omong kosong. Akibatnya bisa buruk, yaitu anak yang suka dibohongi orang tua akan tumbuh menjadi anak yang suka berbohong pula. Jika moms sebagai orang tua merasa tidak sanggup untuk memenuhi suatu perkataan, sebaiknya jangan diucapkan.

Mau Diajak Bertukar Pikiran
Anak suka orang tua yang open minded atau berpikiran terbuka. Sehingga, jadilah orang tua yang open minded, yang bisa diajak memahami dunia dan pikiran anaknya, tidak terburu-buru menghakimi, serta bisa memberi masukan yang jujur dan relevan dengan perkembangan jaman seperti sekarang ini. Jika suatu saat anak mengajak diskusi mengenai suatu hal, cobalah untuk didengarkan dan berikan tanggapan secara jujur mengenai topik yang sedang dibahas.
baca juga
Perkuat Bonding dengan Anak, Ini 7 Sikap Orang Tua yang Disukai Si Kecil

Kedua Orang Tua yang Selalu Akur dan Harmonis
Anak akan merasa bahagia jika orang tuanya terlihat harmonis. Maka, sebaiknya orang tua sebisa mungkin harus menghindari pertengkaran di depan anak. Meskipun masih kecil, anak sudah tahu kalau orang tuanya sedang bertengkar atau tidak. Sebaiknya, usahakan untuk menciptakan suasana akur di tengah-tengah kehidupan berkeluarga.
 
Suka Bercanda
Orang tua yang punya selera humor tinggi sangat disenangi oleh anak-anak. Sikap ini dapat membantu anak saat bersosialisasi dengan teman-teman di sekolah atau lingkungan pergaulan. Selain bisa menghibur orang lain, candaan juga ampuh untuk menghibur diri sendiri sehingga stres dapat berkurang. Tetapi, perlu diingat pula untuk memerhatikan tingkat candaan yang diucapkan. Jangan sampai kelewat batas ataupun menyakiti perasaan orang lain.

 
Kira-kira sudahkah moms memiliki 7 sikap orang tua yang disukai anak tersebut? Mari instropeksi diri moms agar bisa lebih disukai anak sehingga bisa menjalin kedekatan antara orang tua dan anak yang baik.