Alat dan Bahan
Dalam membuat hiasan gantung dari botol plastik alat dan bahan yang dipakai sangat mudah ditemukan. Untuk alat moms hanya perlu mempersiapkan tang, cutter, jarum jahit dan gunting. Dan untuk bahan yaitu plastik botol, benang, kawat serta cat dengan warna favorit moms tentunya.

Cara Membuat Hiasan Gantung Cantik dari Botol Bekas, Yuk Buat Sendiri di Rumah!

Cara Membuat
Tahap awal pengerjaan moms bisa membuat pola daun dengan kertas, baru kemudian  gunting botol sesuai dengan bentuk pola yang disiapkan. Buatlah dengan sebanyak mungkin.

Setelah selesai menggunting botol sesuai pola, beri lubang pada ujung-ujung yang menggunakan jangka menggunakan cutter. Agar rapi buat pola seperti titik dengan lebar sesuai kebutuhan benang.

Jika semua guntingan botol plastik sudah dilubangi selanjutnya moms dapat merangkainya secara memanjang dengan benang dan jarum, buat plastik nampak berderet saat merangkainya. Agar menarik beri ujung benang dengan manik-manik. Dan agar lebih bervariasi saat menmbuat rangkaian plastik, sebaiknya buat dengan jumlah yang beragam misal dalam beberapa rangkaian ada yang berisi 7 dan beberapa yang lain berisi 10.

Setelah dirangkai memanjang beri warna pada plastik dengan cat yang sesuai moms ingkinkan bisa hijau, merah mudah atau warna lain, sebaiknya warnai secara  bolak-balik agar warna merata.

Setelah seluruh plastik di cat , buatlah jaring seperti pola dreamcather untuk menggantungnya. Nah, untuk gantungan awali dengan membuat lingkaran dengan 2 lapis kawat, kemudian satukan dan tutup kawat dengan benang agar lebih rapi. Setelah kawat tertutup rapi dengan benang mulailah membuat pola jaring.

Cara Membuat Hiasan Gantung Cantik dari Botol Bekas, Yuk Buat Sendiri di Rumah!

Pola dasar jaring dibuat dengan mengikatkan benang pada lingkaran lalu tarik searah jarum jam dan renggangkan beberapa sentimeter dibawah lingkaran. Setelah itu  masukan tali pada renggangan untuk membuat pola yang sama hingga benang kembali ke titik awal.

Setelah kembali ke titik awal buatlah pola berikutnya dengan mengambil garis tengah dari rengangan pertama, dan tarik perlahan lalu lakukan hal yang sama seperti membuat pola pertama dan begitu sterusnya hingga membentuk jaring. Saat jaring sudah jadi buatlah simpul ganda pada tengah jaring untuk menguatkan pola.

Bila jaring sudah jadi moms tinggal mengikatkan rangkaian botol plastik yang sudah dibuat, agar nampak rapi beri jarak saat mengikatkan rangkainya. Setelah semua terpasang tinggal memasangnya pada teras rumah ya moms, dan rumahmu akan terlihat lebih indah.

Begitulah tadi moms salah satu cara memanfaatkan botol plastik untuk hiasan rumah ya, walaupun terlihat sederhana tapi bila mampu membuatnya sendiri pasti memberikan kepuasan diri. Selain itu, membuat hiasan semacam ini juga bisa jadi kegiatan posistif bagi ibu dan anak lho.