Kuku yang bersih akan memberikan kesan baik di mata orang dan memberi rasa percaya diri untuk tampil di publik. Untuk memastikan kuku Moms sehat, kuat, dan terawat Moms bisa melakukan kebiasaan berikut ini lho Moms. Yuk simak info lengkapnya!

Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Kuku Sehat dan Kuat

Tidak Mengigit Kuku

Kebiasaan menggigit kuku mungkin sering kita jumpai. Kebiasaan ini perlu dihindari agar kuku dapat bertumbuh dengan baik dan tidak merusak bentuk asli kuku dan menjadikannya terlihat tidak enak dipandang dan menghasilkan kuku yang tidak bagus. Kuman-kuman di dalam kuku juga akan ikut termakan jika terus melakukan kebiasaan ini. Oleh karena itu, mulailah memiliki kebiasaan berhenti mengigit kuku dalam keadaan apapun yaa Moms.

Konsumsi Protein

Kuku yang sehat merupakan aksesoris alami yang kita miliki. Mengonsumsi makanan yang sehat juga mempengaruhi pertumbuhan kuku lho Moms. Makanan yang mengandung protein, low-fat dairy products, dan makanan yang banyak mengandung vitamin C dapat meningkatkan produksi keratin di area kuku. Protein tidak hanya memiliki peran penting dalam pembentukkan tubuh dan sel tetapi juga dengan mengonsumsi protein yang cukup dapat menjadikan kuku lebih kuat dan sehat. Moms bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein seperti ikan dan telur setiap harinya.

Jaga Kebersihan Kuku Secara Teratur

Moms harus menjaga kebersihan kuku secara teratur dan mencuci bersih kuku setelah melakukan kegiatan apapun untuk menjadikan kuku tetap sehat, kuat, dan terawat. Pastikan juga alat merawat kuku dicuci berkala agar selalu bersih. Jika Moms terus melakukan kebiasaan memberishkan kuku dengan air atau menggunakan alat perawat kuku dengan teratur maka penumpukan kotoran di bagian dalam kuku tidak lagi dialami.

Gunakan Pelembap untuk Menjaga Kuku

Moms dapat menggunakan pelembap untuk kulit dan mengoleskannya di sekitar kuku dan kutikula agar kuku tetap kuat. Hal ini karena merawat kulit di sekitar kuku sama saja dengan merawat kuku itu sendiri, karena jika kulit sekitar kuku kering dan mengelupas bisa memicu kerusakan pada kuku. Moms harus rajin mengoleskan pelembap atau minyak khusus kutikula yang bisa membantu menjaga kutikula kuku tetap sehat dan kuat.
 
Memotong Kuku Secara Teratur

Apabila Moms memelihara kuku agar panjang dan indah, Moms juga harus memotongnya sedikit pada bagian ujung. Moms bisa memotong kuku dengan memberi lekukkan membulat pada bagian ujung kuku agar kuku tidak mudah patah dan terlihat cantik. Dengan teratur memotong kuku akan menjadikan kuku Moms kuat dan tentunya sehat karena terhindar dari kotoran yang berada di dalam kuku.