Dilansir dari Detik, berbeda dengan garam biasa yang berasal dari laut, Himalayan Pink Salt ini berasal dari bawah tanah. Garam halus dan garam meja umumnya berwarna putih keruh, sedangkan garam Himalaya ini memiliki warna yang khas, yaitu pink atau merah muda. Tekstur garam Himalaya cenderung lebih kasar dibanding garam biasa. Selain tampilannya yang menarik, garam Himalaya juga memiliki manfaat yang lebih dibanding garam biasa. Oleh sebab itu, harganya melambung tinggi. Berikut alasan mengapa garam Himalaya dijual lebih mahal

1. Merupakan garam murni

Proses pembentukan garam umumnya melalui pemurnian. Garam yang ditambang dari batu garam atau halit, perlu dimurnikan untuk menghilangkan kandungan mineral yang berbahaya dari batuan tersebut. Sedangkan garam yang dibuat dari penguapan air laut, dijernihkan agar polusi dari laut tidak mencemari proses pembekuan garam. Berbeda dari keduanya, garam Himayala tidak memerlukan pemurnian atau penjernihan yang terlalu berat. Karena Himayalan Pink Salt sudah dikenal dengan garam yang murni.

Himalayan Pink Salt berasal dari lapisan garam laut yang mengkristal dan terkubur jauh di bawah tanah. Lapisan ini tertutup dengan lahar, salju dan es. Sehingga lapisan ini terlindungi dari aktivitas yang berada diatasnya. Ketika ditambang, garam Himalaya yang didapat sudah murni dan bebas dari impurities (kotoran).
1. Merupakan garam murni
source: http://www.medicalnewstoday.com
baca juga

2. Hanya ditemukan di beberapa tempat

Semakin susah dicari, maka harganya akan semakin mahal. Prinsip tersebut juga berlaku untuk garam Himalaya. Himalayan Pink Salt ditambang dari pegunungan di Punjabi, Pakistan. Pegunungan tersebut terkenal dengan tambang garamnya. Beberapa tambang seperti Khewra, Kalabagh dan Warcha, memproduksi garam yang berbeda-beda. Namun, untuk Himalayan Pink Salt saat ini paling banyak ditambang di daerah Khewra.

Tak hanya itu, garam Himalaya masih ditambang dengan cara tradisional. Yaitu dengan menggunakan tenaga manusia, bukan mesin canggih. Penambangan ini dapat berlangsung selama 6-8 jam sehari. Dengan risiko yang cukup tinggi, penambang menghabiskan waktu dan tenaga di bawah tanah. Oleh sebab itu, garam Himalaya dihargai cukup tinggi, karena proses penambangannya cukup susah dan berat.
2. Hanya ditemukan di beberapa tempat
source: http://www.pinterest.com

3. Kandungan mineral tinggi

Garam biasa umumnya memiliki kadar sodium klorida berkisar 80% hingga 90%. Berbeda dengan Himalayan Pink Salt, kandungan sodium kloridanya bisa mencapai 96%. Sisa kandungannya merupakan mineral yang tidak berbahaya. Oleh sebab itu, penggunaan garam Himalaya lebih sedikit dibanding garam biasa ketika menciptakan rasa asin pada makanan. Hal ini dikarenakan persentase NaCl pada garam Himalaya lebih tinggi. Sehingga penggunaannya akan jauh lebih hemat.

Tak hanya itu, ukuran garam Himalaya cenderung lebih besar dibandingkan garam biasa. Teksturnya pun lebih kasar. Bila ditambahkan dalam makanan, penggunaan Himalayan Pink Salt akan jauh lebih sedikit. Hal tersebut juga menyebabkan pemakaian garam Himalaya menjadi lebih awet, jika dibandingkan dengan garam halus.
3. Kandungan mineral tinggi
source: http://www.en.wikipedia.org
baca juga

4. Memiliki banyak manfaat

Dengan warna pink yang khas, Himalayan Pink Salt ini tidak hanya berfungsi sebagai garam pada masakan saja. Garam Himalaya ini dapat digunakan sebagai bath boms atau garam mandi, masker, lulur dan dekorasi seperti lampu. Karena warnanya yang unik, banyak yang menjadikan Himalayan Pink Salt ini untuk dekorasi ruangan.

Garam Himalaya juga dikenal dengan khasiat kesehatannya. Selain memasok sodium klorida untuk nutrisi tubuh dan keseimbangan cairan, garam Himalaya dipercaya mampu menormalkan pola tidur, menurunkan gejala penyakit pernapasan, mengatur gula darah, dan meningkatkan libido. Alasan inilah yang membuat Himalayan Pink Salt dikenal sebagai garam sehat.
4. Memiliki banyak manfaat
source: http://www.shopswell.com

5. Populer dan Instagenic

Himalayan Pink Salt biasanya dipasarkan sebagai barang mewah, mahal, dan susah ditemukan. Beberapa brand mengemas Himalayan Pink Salt dengan nama-nama ekslusif dan kemasan yang cantik. Contohnya, brand Mountain Rose Herb memasarkan garam Himalaya dengan sebutan "Gourmet Food Grade" dan San Fransisco Salt Co. menyebut produk sebagai "garam paling indah di seluruh planet" Sehingga membuat harga garam Himalaya ini lebih mahal dibanding garam biasanya.

Instagram pun menjadi alasan kenapa garam Himalaya ini populer. Dengan hastag #pinksalt, orang berlomba-lomba untuk mengunggah foto dengan Himalaya Pink Salt sebagai propertinya. Dengan warna pink garam Himalaya yang cantik, foto akan terlihat lebih eye-catching.
5. Populer dan Instagenic
source: http://www.instagram.com

Nah, itu dia alasan mengapa Himalaya Pink Salt dijual lebih mahal, Moms. Tertarik untuk membeli dan mencobanya?