1. Posisi Janin Terasa Ada di Bawah

Menjelang persalinan pasti Moms akan merasakan posisi bayi seperti merosot atau berada di bawah. Hal tersebut menandakan bahwa posisi bayi sudah bergeser hingga ke panggul dan siap untuk mencari jalan lahir. Karena posisi bayi yang sudah berada di bawah, maka berat bayi akan menekan rahim Moms sehingga kamu akan sering  buang air kecil. 

source: https://30seconds.com

2. Keluar Lendir dari Vagina

Jangan keburu panik jika terdapat lendir berwarna pink atau kemerahan dari dalam vagina moms. Karena lendir tersebut menandakan melunaknya mulut rahim, yang berarti tanda bayi akan segera lahir. Namun jika lendir yang keluar berwarna merah seperti menstruasi dan terus menerus, moms harus segera memeriksakannya ke dokter. 

source: http://doctoroz.com
baca juga

3. Air Ketuban Pecah

Air ketuban pecah merupakan tanda menjelang persalinan yang paling jelas, dimana pembukaan rahim sudah terjadi. Cairan ketuban akan keluar perlahan seperti tetesan air sedikit demi sedikit. Namun perlu diwasapadai jika air ketuban tersebut mengalir deras, moms wajib segera ke rumah sakit sebelum air ketuban kering. Jika hal tersebut terjadi maka bayi bisa kehabisan oksigen dan terkena racun dari air ketubannya sendiri. 

source: http://www.motherforlife.com

4. Keram Perut dan Nyeri Punggung

Jangan kaget ketika seluruh badan terutama bagian punggung dan perut akan terasa sangat pegal dan kram. Hal tersebut terjadi karena bagian otot, terutama pinggul dan rahim mulai mempersiapkan kelahiran. Untuk sedikit meredakan rasa kram dan nyeri punggung, Moms bisa meminta suami untuk melakukan pijatan lembut di bagian punggung. 

source: https://parenthub.com.au
baca juga

5. Sering Mengalami Kontraksi

Kontraksi kehamilan memang bermacam-macam jenisnya, namun Moms harus mengetahui pasti tanda kontraksi yang menandakan bayi akan segera lahir. Biasanya kontraksi yang menandakan kelahiran sudah dekat yakni terjadi 30-70 detik per kontraksi setiap lima atau tujuh menit sekali. Rasa nyeri frekuensi kontraksi ini akan terus muncul dan tak berkurang meski Moms berganti-ganti posisi seperti berbaring, jalan, ataupun duduk. 

source: http://parents.com