Makanan Khas Tulungagung

Setiap daerah pasti memiliki makanan khas yang diandalkan untuk ditawarkan kepada pendatang. Selebihnya sebagai makanan wajib untuk acara di rumah. Sebagaimana di kota-kota tertentu, di tulungagung juga memiliki makanan khas yang beraneka ragam moms. Bahkan biasanya terdapat sejarah unik yang menceritakan bagaimana proses kehadiran makanan khas tersebut. Meski tidak semuanya, konon cerita tersebut banyak dipegang oleh masyarakat terdahulu. Nah moms berikut beberapa makanan khas tulungagung yang wajib kamu coba.

Ayam Lodho

Siapa yang belum tahu makanan yang dikenal pedas dan sedap ini? Nah moms, ayam lodho ternyata berasal dari Tulungagung lho. Menurut sebagian orang, ayam lodho hampir mirip dengan opor ayam secara penampilannya. Namun sebenarnya berbeda jauh proses penyajiannya moms. Karena daging ayam yang digunakan untuk ayam lodho dibakar terlebih dahulu. 

Ayam Lodho

Biasanya ayam lodho dihidangkan dengan lontong atau nasi. Pastinya akan membuat ingin makan lagi moms. Rasa gurih dan sedapnya membuat makanan ini terasa sangat nikmat. Harga yang ditawarkan juga beragam moms, mulai Rp15.000 - Rp20.000 per porsi. Cukup terjangkau bukan?

baca juga

Sredek

Bagi orang yang belum mengenalnya, nama 'sredrek' mungkin cukup aneh ditelinga. Makanan khas ini terbuat dari gethuk ketela atau kedelai putih yang digoreng. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi ini biasa digunakan sebagai pengganti nasi oleh masyarakat. Sredek biasanya dipadukan dengan tempe goreng dan cabai. Dijamin moms akan ketagihan untuk mencobanya lagi!
Sredek biasanya dibandrol dengan harga yang sangat murah moms, yakni sekitar Rp3000 - Rp4000 per porsi. Selamat mencoba moms!

Sredek

Jenang Grendol

Makanan khas Tulungagung yang wajib dicoba selanjutnya adalah jenang grendol. Makanan tradisional ini berbahan dasar singkong, tepung kanji serta aren. makanan tersebut merupakan jajanan tradisional yang masih dilestarikan sampai sekarang. Untuk penyedapnya, biasanya moms menggunakan santan sebagai kuahnya. Jenang yang kaya akan rasa manis ini dipadukan dengan santan yang agak asin atau tawar menjadikan rasa yang pas di lidah. Menu ini sangat diidamkan banyak wisatawan karena sudah jarang dilestarikan dengan masyarakat umum. Jangan lupa mencicipinya juga ya moms.

Jenang Grendol

Harga yang ditawarkan juga sangat murah moms. Tentunya tidak akan menghabisakan perbekalan perjalanan kamu moms. Yakni sekitar Rp5000 - Rp6000 per porsi. 

baca juga

Geti atau Enting

Camilan kering ini merupakan salah satu pilihan untuk memberikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Hal ini disebabkan karena geti ini termasuk makanan kering yang bisa dibawa dengan jarak waktu yang cukup lama. Makanan yang sering disebut dengan enting ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh moms. Salah satunya adalah menurunkan berat badan. Adapun komposisi dari jajanan ini yaitu kacang tanah, gula merah dan wijen. Harga untuk mendapatkannya sangat murah moms, yakni sekitar Rp5000 - Rp15000.

Geti atau Enting