Tisu

Di seluruh penjuru dunia, menggunakan tisu merupakan suatu kewajiban. Berbagai tempat selalu menyediakan tisu untuk digunakan membersihkan apapun. Baik bekas makanan, minuman, membersihkan wajah dan debu di daerah tertentu. Pastinya jika dilihat dari manfaatnya, konon sampah yang dihasilkannya pun akan maksimal bukan? 

Tisu

Maka menjadi suatu pilihan terutama untuk menjaga kelestarian bumi tercinta ini agar mengurangi produksi sampah yang mengganggu dengan menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Seperti lap biasa si meja makan, atau bahkan sapu tangan di saku baju kalian. Secara tidak langsung hal tersebut membantu mengurangia dan menjaga bumi kita moms. Nah salah satunya adalah dengan membuat tisu bahan berbahan alami moms. Berikut beberapa tips membuat tisu basah dengan bahan alami yang bisa kamu coba dirumah moms!

Bahan yang dibutuhkan

Membuat tisu basah dengan bahan alami dapat membuatmu membantu mengurangi sampah tisu moms. Selain itu, penggunaan tisu basah ini menekan pengeluaranmu lho moms, sehingga moms bisa menggunakannya untuk kebutuhan yang lebih penting atau bahkan bisa ditabungkan. Yuk intip cara membuatnya seperti dilansir dari instagram @zerowaste.id_official moms. Simak baik-baik ya!

Bahan dan alat yang dibutuhkan:

  • Mason Jar atau jar apapun yang kamu miliki
  • Kain lap (bisa baru atau bekas baju yang dipotong persegi seperti ukuran tisu biasanya atau sesuai selera)
  • Castille soap satu sendok makan
  • Air minum
  • Essential oils (optional)
Bahan yang dibutuhkan
baca juga

Cara Membuatnya

  1. Masukkan air, castille soap dan essential oil ke dalam jar, kemudian kocok hingga tercampur merata.
  2. Masukkan kain lap yang sudah disiapkan. Maka jadilah tisu basah yang ramah lingkungan dan siap digunakan moms. 
  3. Kain atau pengganti tisu basah ini bisa disimpan dan digunakan selama sekitar 2-3 minggu moms. Jika lebih dari itu, moms sebaiknya membuat lagi dengan cara yang sama moms. Tisu ini bisa pula digunakan untuk travelling, namun sebaiknya moms menggunakan silicon bag agar lebih friendly ketika dibawa kemana-mana. Mudah bukan moms? Selamat mencoba!
Cara Membuatnya
source: https://www.instagram.com/zerowaste.id_official/