Mengintip Pola Didik Anak 'Bebas' ala Suami Istri Guru Besar UI

Menerapkan Pola Didik Bebas

Sebagai pasangan suami istri yang sukses dalam pendidikan dan karir, tidak menjadikan Prof.Dr.dr.Imam Subekti, SpPD-KEMD, FINAMSIM dan Prof.Dr.Dra.Valina Singka Subekti, M.Si., jadi orang tua yang otoriter yang memaksa anaknya untuk fokus pada bidang yang sama dengannya. Dilansir dalam HaiBunda pasangan yang dikukuhkan pada tanggal 12 Oktober yang lalu ini, mengungkapkan jika sebagai orang tua kedua guru besar ini tidak pernah menyuruh-nyuruh anaknya untuk mengikuti karirnya.

Pola didik yang dipegang keluarga ini adalah pola didik yang bebas, maksudnya orang tua tidak memberikan arahan khusus agar anak memiliki jenjang karir yang sama orang tuanya. Bahkan walau sukses dalam karir masing-masing pasangan suami ini kompak membebaskan anak-anaknya untuk memilih jalur karir yang sesuai dengan minat masing-masing.

Nah, bagi moms yang ingin menerapkan pola asuh bebas ini tidak perlu khawatir jika anak akan memiliki karir yang tidak berkembang atau jauh berbeda dari orang tuanya. Sebab bagaimanapun keseharian orang tua pasti mempengaruhi anak. hal ini juga nampak pada ketiga anak guru besar Universitas Indonesia ini.

Mesti tidak diarahkan, faktanya anak-anak Prof. Imam memiliki ketertarikan yang sama dengan orang tuanya dan bisa dikatakan jika ketiga anak guru besar Universitas Indonesia ini juga memiliki kesuksesan yang serupa dengan orang tuanya. Buktinya anak pertamanya menjadi dokter gigi, anak kedua juga dokter dan seorang lagi adalah lulusan Master di ilmu Politik.

baca juga
Mengintip Pola Didik Anak 'Bebas' ala Suami Istri Guru Besar UI

Quality Time Keluarga yang Utama
Sebagai pasangan yang masih aktif dalam pekerjaan, pasangan Prof.Dr.dr.Imam Subekti, SpPD-KEMD, FINAMSIM dan Prof.Dr.Dra.Valina Singka Subekti, M.Si., juga sangat menyadari betapa waktu bersama keluarga sangat berharga. Maka dari itu di tengah kesibukan sebagai seorang dokter aktif dan politisi, Prof. Imam serta istri memilih weekend jadi kesempatan berharga bagi keluarga untuk berkumpul.

Jadi walaupun kini kedua anaknya sudah berkeluarga dan tinggal di tempat yang berbeda pada hari sabtu dan minggu akan diusahakan untuk selalu berkumpul bersama lho moms. Walau hanya sekedar mengobrol dan makan-makan saja hal semacam ini memang rutin dilakukan keluarga guru besar ini ya moms. Sebab menurut Prof. Imam, yang kini berusia 61 tahun ini gathering keluarga seperti itu merupakan upayanya dan istri untuk bisa mendekatkan diri pada anak.

Nah, bagaimana moms setelah menyimak ulasan tadi, apakah pola didik ini sudah moms terapkan di rumah? Karena setiap anak memiliki karakter berbeda penting kiranya untuk memilih pola didik yang paling tepat. Semoga pola asuh ini bisa jadi inspirasi untuk mendidik anak ya moms. Selamat mencoba