Sering Beraktivitas di Luar Ruangan? Ini Pentingnya Sunscreen Untuk Kulit, Moms

Sunscreen adalah produk skincare berbentuk lotion, spray, gel, foam, atau stick yang digunakan untuk melindungi kulit dari paparan radiasi sinar UV baik UVA atau UVB. Radiasi sinar UVA atau Ultraviolet Aging mampu menembus awan dan kaca loh moms, baik saat siang, malam, bahkan saat mendung sekalipun. Sehingga sangat berbahaya bila sinar ini juga menembus masuk ke dalam lapisan kulit. Selain itu, sinar UVA dapat mempercepat penuaan kulit dan menyebabkan munculnya keriput serta flek hitam.

Sementara sinar UVB atau Ultraviolet-Burning adalah sinar matahari yang panjang gelombangnya lebih kecil dari sinar UVA. Sinar ini tidak dapat menembus kaca dan awan, tetapi radiasinya lebih kuat daripada sinar UVA. Kulit moms memungkinkan terbakar (sunburn) walau terkena sinar UVB sebentar saja. Kalau sering terpapar radiasi kedua sinar tersebut, bagaimana? Tentunya risiko terkena kanker kulit akan makin besar, moms. Serem ya!

Sering Beraktivitas di Luar Ruangan? Ini Pentingnya Sunscreen Untuk Kulit, Moms

Jangan Sepelekan Tulisan SPF dan PA+++ di Produk Sunscreen

SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor yang memberikan informasi tentang berapa lama sunscreen mampu melindungi kulit dari sinar UV. Angka yang mengikutinya menunjukkan seberapa lama kulit bisa bertahan di bawah terik matahari. Skin protection alami hanya dapat bertahan 15 menit melawan sinar UV. Jadi, bila sunscreen mengandung SPF 30 artinya sunscreen tersebut memberi perlindungan selama 15 x 30 menit = 7,5 jam. Baru setelah 7,5 jam moms bisa mengaplikasikannya kembali.

Sedangkan PA singkatan dari Protection Grade of UVA. Semakin banyak tanda (+) di belakang tulisannya menandakan semakin bagusnya produk tersebut. Jadi saat melihat sunscreen yang mengandung PA+ atau PA+++, moms tak lagi bingung pilih yang mana lagi kan?

baca juga
Sering Beraktivitas di Luar Ruangan? Ini Pentingnya Sunscreen Untuk Kulit, Moms

Cara Menggunakan Sunscreen

Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30. Sunscreen diaplikasikan ke semua area yang terbuka, tidak terlindungi atau tertutupi baju. Contohnya mulai dari wajah, leher, lengan, dan bagian kaki.
Sunscreen adalah step terakhir dari rangkaian perawatan kulit. Kalau moms hendak memakai riasan, pakailah sunscreen sebelum make up ya, moms!

Sebaiknya Re-apply Sunscreen Setiap 2 Jam Sekali

Walaupun mampu menghalangi sinar matahari menembus kulit, namun daya perlindungan sunscreen lama-kelamaan akan semakin melemah, moms. Hal ini disebabkan oleh keringat, gesekan di kulit, dan bermacam hal lain. Oleh karena itu, ulangi pemakaiannya setiap 2 jam sekali. Apalagi kalau moms sehari-hari beraktivitas outdoor.

Namun, sebaiknya aplikasikan juga sunscreen bila sedang berada di ruangan yang memungkinkan terkena sinar matahari. Seperti pada area di dekat jendela dan pintu, atau jika ada langit-langit kaca. Jangan lupa membersihkan wajah terlebih dulu sebelum re-apply sunscreen. Lakukan pembersihan 1 langkah dengan face wash bila sedang bare face. Tetapi jika sedang memakai riasan, ada baiknya kalau moms melakukan double cleansing.

Menjaga dan merawat kesehatan kulit wajah memang gampang-gampang susah ya, moms. Meskipun terlihat ribet, namun hal ini sangat worth it karena akan berdampak untuk jangka panjang. Yuk berinvestasi kulit sehat mulai dari sekarang!