1. Mengambil Napas Dalam, Lalu Buang

Tips Melahirkan yang pertama yakni ketika mengalami nyeri kontraksi yang menandakan bayi akan segera lahir, Moms wajib mengambil napas dalam-dalam sesering mungkin. Hal ini dilakukan agar Moms tidak merasa sesak karena menahan rasa sakit yang luar biasa. Selain itu untuk meredakan atau untuk mengalihkan rasa sakit, hembuskan udara melalui mulut agar pernapasan Moms menjadi lega. Sebaiknya jangan terlalu banyak bergerak atau mengubah posisi tubuh untuk menghindari rasa lelah.

Coba Tips Ini Supaya Moms Tidak Lelah Saat Proses Melahirkan Normal
source: https://evoke.ie

2. Atur Napas Saat Mengejan

Saat mengalami kontraksi yang terus menerus langkah pertama moms harus banyak mengatur napas dan jangan terlalu sering mengejan. Sebaiknya jika kontraksi muncul segeralah mengejan sekali dengan frekuensi agak panjang. Setelah itu ambil kembali napas panjang sekali atau dua kali, kemudian Moms kembali mengejan. Mengejan saat kontraksi muncul akan mempercepat bayi keluar dari dalam rahim. 

Coba Tips Ini Supaya Moms Tidak Lelah Saat Proses Melahirkan Normal
source: http://express.co.uk
baca juga

3. Menutup Mata Sembari Mengambil Napas

Saat mengejan akan menguras seluruh energi Moms sehingga membuat rasa lelah yang semakin parah. Istirahat sejenak di antara waktu kontraksi dan tutup mata Moms sekitar 1-2 menit sambil menarik napas, kemudaian kembali mengejan. Berikan dorongan yang kuat saat mengejan agar bayi cepat keluar dari rahim. Akan semakin baik jika bayi lahir hanya dengan 2-3 kali mengejan, hal itu akan membuat Moms tidak terlalu kelelahan. 

Coba Tips Ini Supaya Moms Tidak Lelah Saat Proses Melahirkan Normal
source: https://shutterstock.com

4. Jangan Ditahan Jika Moms Ingin Berteriak

Menahan rasa sakit saat melahirkan akan membuat energi Si Ibu terkuras dan konsentrasi semakin menurun. Jika Moms ingin mengeluarkan suara atau berteriak saat melahirkan, sebaiknya jangan ditahan. Tips melahirkan dengan mengeluarkan suara saat persalinan dapat menimbulkan rasa lega dan membuat pernapasan semakin terbuka. 

Coba Tips Ini Supaya Moms Tidak Lelah Saat Proses Melahirkan Normal
source: http://huffingtonpost.com