Penyakit Paru-Paru akibat Vape

Dilansir dari Vice.com, pada 6 September 2019 lalu Pejabat Departemen Kesehatan Federal Amerika Serikat memperingatkan publik tentang penyakit misterius yang muncul terkait dengan vaping telah menewaskan lima orang di pejabat AS Kansas. Hingga saat ini, setidaknya 450 kasus penyakit terkait vaping mulai bermunculan di rumah sakit di 33 negara bagian dan satu wilayah, dengan jumlah yang terus meningkat.

6 Orang Meninggal Akibat Vape di Amerika, Waspadai Bahayanya
source: https://www.cbc.ca/


Gejala Penyakit Paru-Paru akibat Vape

Kasus penyakit paru-paru akibat vape yang terdata di rumah sakit sebagian besar menyerang anak muda yang memang tidak memiliki riwayat penyakit serius atau bisa dikatakan sehat. Mereka dirawat dengan gejala yang dimulai dengan demam dan mual, meningkat menjadi batuk, nyeri dada, dan sesak napas. Di antara lima kematian pertama yang dilaporkan, semua pernah menggunakan vape dalam 90 hari sebelumnya.

6 Orang Meninggal Akibat Vape di Amerika, Waspadai Bahayanya
source: https://www.businessinsider.com/
baca juga

Kasus-kasus tersebut mewakili sebagian kecil dari populasi pengguna vape. Akan tetapi, tingkat keparahan penyakit yang muncul tampak seperti infeksi virus pneumonia atau bakteri. Setelah diteliti, tidak ada infeksi bakteri atau virus sama sekali. Inilah yang kemudian membuat para peneliti khawatir.

6 Orang Meninggal Akibat Vape di Amerika, Waspadai Bahayanya
source: https://metro.co.uk/

Sementara pihak berwenang telah menerbitkan studi kasus untuk menggambarkan gangguan paru-paru akut yang diamati pada orang yang melakukan vape, penyebab pastinya tetap tidak jelas. Hal ini pun masih belum dikaitkan secara langsung ke produk atau perangkat vape seperti apa. Itu sebabnya para peneliti masih belum bisa memastikan apakah ini merupakan fenomena baru.

6 Orang Meninggal Akibat Vape di Amerika, Waspadai Bahayanya
source: https://peopledotcom.wordpress.com/
baca juga

Departemen Pengawasan Makanan dan Obat-obatan telah memperingatkan pada pengguna agar tidak membeli produk "off the street," atau produk yang dimodifikasi. Di sisi lain, masih belum ada regulasi atau inspeksi dari pabrikan atau produsen vape. Itulah sebabnya, detail penyebab penyakit paru-paru yang dikaitkan penggunaan vape masih belum bisa dijelaskan lebih lanjut.

6 Orang Meninggal Akibat Vape di Amerika, Waspadai Bahayanya
source: https://www.macombdaily.com/

Meskipun begitu, sudah seharusnya Mommy lebih waspada terhadap penggunaan vape. Ingatkan saudara dan orang-orang terdekat untuk mengurangi kebiasaan merokok, sekali pun rokok elektrik. Kasus kematian akibat penyakit paru-paru yang dikaitkan penggunaan vape ini seharusnya membuat siapa pun menjadi lebih waspada.