Kisah Samuel Terserang Penyakit Kawasaki

Dilansir dari akun instagram @sharingmombaby pada 13 Oktober lalu, Samuel yang baru berusia 2 bulan mengalami tanda-tanda cukup aneh. Diawali dengan demam tinggi mencapai 40 derajat naik turun pada tanggal 11 bulan lalu, kemudian diperiksakan ke dokter. Diagnosa awalnya Samuel terserang radang tenggorokan. Namun malamnya muncul ruam merah pada punggung dan perut seperti campak. Akhirnya keesokan harinya dibawalah Sam ke rumah sakit karena kondisinya semakin lemas akibat tidak mau makan. Dan ternyata Sam mengalami dehidrasi parah, akhirnya setelah diobati Sam dibawa pulang.

Kisah Samuel Terserang Penyakit Kawasaki

Bukan semakin membaik, Besoknya Sam mengalami diare dan muntah, matanya mulai memerah dan perutnya membesar. Setelah diperiksa dokter ternyata usus dalam perutnya terlilit dan menyebabkan penyumbatan, Sam pun dirujuk di RS besar. Akhirnya dengan berbagai pertimbangan Sam dioperasi dengan mengambil ususnya yang terlilit. Setelah itu kondisi Sam membaik dan oleh dokter anak dinyatakan terserang penyakit Kawasaki. Belum genap sebulan pengobatan ternyata Sam dikabarkan meninggal dunia. 

Apa Itu Penyakit Kawasaki?

Penyakit kawasaki merupakan penyakit langka yang menyerang pembuluh darah. Adapun penyakit ini merupakan salah satu penyebab terjadinya peradangan pada pembuluh arteri, kapiler dan vena. Tidka hanya itu, penyakit ini juga menyerang getah bening dan fungsi jantung. Maka hal tersebut merupakan salah satu penyebab terjadinya serangan jantung pada bayi. Karena kebanyakan yang diserang adalah anak usia balita. 

Apa Itu Penyakit Kawasaki?
baca juga

Gejala Penyakit Kawasaki

Umumnya jika terjadi infeksi maka tubuh akan demam sebagai bukti perlawanan tubuh terhadap suatu penyakit. Adapun gejala penyakit kawasaki sebagai berikut:

  • Demam yang umumnya lebih tinggi dari 39 derajat Celcius dan berlangsung lebih dari 5 hari
  • Mata yang sangat merah (konjungtivitis), tapi tidak ada penumpukan cairan atau kotoran
  • Ruam pada beberapa bagian tubuh dan pada area kelamin
  • Bibir merah, kering, pecah-pecah, dan lidah yang sangat merah dan bengkak (strawberry tongue)
  • Pembengkakan dan kemerahan pada telapak tangan dan kaki
  • Pembengkakan kelenjar getah bening pada bagian leher dan bagian tubuh lainnya
  • Anak menjadi rewel dan mudah marah
Gejala Penyakit Kawasaki
source: https://www.instagram.com/sharingmombaby/

Gejala tersebut akan bertambah pada fase kedua. Berikut tambahan gejala yang perlu diwaspadai moms:

  • Pengelupasan pada kulit tangan dan kaki, terutama pada ujung jari tangan dan kaki, kelupasan biasanya berukuran besar
  • Nyeri sendi
  • Diare
  • Muntah
  • Sakit perut

Pengobatan

Penyakit kawasaki cenderung mengakibatkan komplikasi jika tidak teratasi dengan segera. Nah, pengobatan tersebut pun dilakukan untuk meminimalisir kerusakan pada jantung dengan memberikan obat-obat tertentu. Pemberian obat tersebut pun harus sudah dilakukan pemeriksaan secara detail agar tidak terjadi kesalahan dalam memberikan resep obat atau cairan yang diberikan pada penderita. 

Pengobatan

Adapun obat-obatan yang diberikan meliputi immunoglobulin sebagai penurun resiko masalah arteri dan jantung, aspirin sebagai obat anti peradangan, antikoagulan sebagai mengurangi risiko penggumpalan darah dan sebagainya. Tentunya obat-obat yang diberikan harus setelah pemeriksaan lebih lanjut moms.