1. Lakukan Stretching atau Berjalan Kecil

Selain untuk menghilangkan gugup, dengan melakukan peregangan otot dan berjalan-jalan kecil di sekitar ruang persalinan dapat melancarkan peredaran darah. Nah, jika otot-otot Moms telah mengendur dan peredaran darah lancar maka akan membuat proses melahirkan semakin cepat. Hal tersebut tentunya bisa mengurangi rasa sakit dan lelah ketika Moms menjalani proses persalinan nanti. 

source: https://www.pinterest.com/

2. Lakukan Sedikit Gerakan Saat Duduk dan Tidur

Melakukan gerakan saat duduk dan tidur yang dimaksud adalah dengan mengatur posisi yang paling nyaman. Misalnya menyandarkan tubuh ke dinding, berbaring sambil mengangkat kaki dan melakukan peregangan atau membuka tutup panggul agar tidak kaku. Moms juga bisa meminta bantuan suami atau orang terdekat untuk memijat bagian kepala untuk memberikan rasa rileks. Selain itu tarik napas dalam-dalam kemudian buang dan jangan lupa untuk berdoa. 

source: http://netdoctor.co.uk
baca juga

3. Pijat Bagian Punggung

Menjelang proses melahirkan pastinya Moms akan merasa gugup, dimana akan membuat otot-otot tubuh menjadi kaku. Sebaiknya mintalah bantuan suami untuk melakukan pijatan-pijatan lembut di bagian punggung. Hal itu untuk membantu untuk meringankan rasa pegal dan sedikit membuat tenang sehingga rasa sakit saat melahirkan tidak terlalu kuat. 

source: http://mamamia.com.au

4. Mengatur Pernapasan

Tips melahirkan selanjutnya yakni Moms harus pintar mengatur napas saat proses melahirkan tiba untuk mengurangi rasa sakit. Caranya adalah dengan menarik napas dalam-dalam dan hembuskan melalui mulut sehingga paru-paru mendapat oksigen lebih. Selanjutnya lakukan gerakan-gerakan kecil seperti membuka pinggul serta berlatih mengejan. 

source: http://parents.com