Gentle Parenting

Gentle parenting adalah gaya pengasuhan yang mendorong pertemanan dan hubungan yang setara dengan anak-anak. Berbeda dengan pola parenting dengan karakter otoriter tradisional di mana orangtua mendominasi anak, gentle parenting mendorong percakapan yang natural antara orang tua dan anak. Pola asuh ini mendorong pilihan, bukan perintah, dan mengambil pendekatan permainan untuk membesarkan anak-anak.

Perilaku buruk dideskripsikan sebagai sebuah perilaku, bukan pada orang atau anak yang melakukannya. Orang tua yang melakukan gentle parenting juga percaya bahwa anak harus dibiarkan mengungkapkan emosi yang natural sesuai keinginan mereka. 

Mengasuh Anak dengan Gentle Parenting, Apa Bedanya dengan Pola Asuh yang Lain?
source: https://www.mediacentrum.sk/


Kunci Utama Gentle Parenting

Secara umum, gentle parenting sangat mengutamakan hubungan dan relasi yang baik antara orangtua dan anak. Hal ini dapat dipraktikkan dengan menjalankan tiga kunci utama dari gentle parenting itu sendiri, yaitu: 

  1. pengertian
  2. empati
  3. saling menghormati
Mengasuh Anak dengan Gentle Parenting, Apa Bedanya dengan Pola Asuh yang Lain?
source: https://www.romper.com/
baca juga


Perbedaan Gentle Parenting dan Mainstream Parenting

Perlu diakui, tiap orang memiliki pola dan karakternya masing-masing dalam mengasuh anak. Namun, kebanyakan dari orangtua cenderung mencari aturan-aturan yang diberikan oleh para ahli untuk diterapkan pada anak mereka. Padahal, tiap anak dan tiap orangtua berbeda. Tidak ada satu standar yang bisa menjadi patokan tentang bagaimana seharusnya orangtua mengasuh dan membesarkan seorang anak. 

Mengasuh Anak dengan Gentle Parenting, Apa Bedanya dengan Pola Asuh yang Lain?
source: https://lucyathome.co.uk/


Secara umum, berikut ini adalah beberapa perbedaan gentle parenting dengan parenting lain pada umumnya:

  1. Anak menjalani rutinitas sesuai dengan keinginan dan nalurinya sendiri.
  2. Orangtua lebih menghargai dan menghormati anak. Ini akan mengarah pada anak yang lebih menghargai dan menghormati orangtua.
  3. Tidak ada perilaku buruk, melainkan proses belajar yang harus diluruskan. Salahkan perilaku, bukan anaknya.
  4. Peningkatan koneksi anak dan orangtua dengan komunikasi. 
  5. Melihat anak sebagai individu yang unik dan berbeda dengan individu lain. Mereka memiliki kecenderungan untuk hal yang disuka dan tidak disuka. Mereka juga memiliki kecepatannya tersendiri dalam belajar dan meningkatkan kemampuan mereka.
Mengasuh Anak dengan Gentle Parenting, Apa Bedanya dengan Pola Asuh yang Lain?
source: https://thenaturalparentmagazine.com/

Itulah beberapa hal mendasar tentang gentle parenting yang perlu Mommy tahu. Dapat disimpulkan bahwa gentle parenting merupakan salah satu metode parenting yang tidak memiliki metode khusus. Tugas Mommy bukanlah membimbing dan mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan anak, melainkan mendampinginya. Dengan begitu, segala aktivitas sebagai ibu akan menjadi lebih menyenangkan tanpa beban standar yang harus dicapai.