1. Kurangnya Komunikasi dalam Keluarga

5 Ciri Keluarga Bermasalah, Minim Komunikasi Salah Satunya
source: https://www.nytimes.com/

Apakah Mommy terbiasa dengan keluarga yang penuh dengan kesunyian meskipun semua anggota keluarga ada di rumah? Hal ini dapat menjadi tanda disfungsional pada sebuah keluarga di mana satu sama lain tidak lagi peduli dengan keberadaan orang-orang di sekitarnya. Sebagai sebuah keluarga yang sehat, seharusnya tiap anggota keluarga saling bertegur sapa untuk hal-hal sederhana seperti menanyakan kabar, membicarakan keperluan rumah, atau sekadar menanyakan menu makan malam atau sarapan besok di kala sibuk.


2. Orangtua yang Sering Bertengkar

5 Ciri Keluarga Bermasalah, Minim Komunikasi Salah Satunya
source: https://www.wowparenting.com/

Orangtua seharusnya menjadi fondasi dasar yang menegakkan rumah tangga. Jika keduanya sering bertengkar dan berselisih, ini dapat menjadi tanda bahwa rumah tangga tersebut sedang dalam guncangan dan tidak sehat. Apalagi jika pertengkaran orangtua dilakukan di depan anak-anak. Selain mengganggu kondisi mental dan tumbuh kembang anak, ini juga berpotensi membuat anak tidak lagi nyaman dengan kehidupannya di rumah.

baca juga


3. Tiap Anggota Keluarga Tidak Tahu Kondisi Satu Sama Lain

5 Ciri Keluarga Bermasalah, Minim Komunikasi Salah Satunya
source: https://www.psychcentral.com/

Sudah sewajarnya setiap keluarga saling mengetahui apa yang sedang dikerjakan anggota keluarga lainnya. Apalagi mengingat di era digital seperti sekarang setiap keluarga biasanya memiliki group chat yang bisa membuat komunikasi antar anggota keluarga lebih lancar. Selain itu, hal ini juga bisa menandakan bahwa sudah tidak ada lagi kepedulian antar anggota keluarga. Tentu kondisi seperti ini harus segera diatasi agar hubungan antar keluarga tidak semakin merenggang.


4. Liburan Bukan Momen yang Menyenangkan

5 Ciri Keluarga Bermasalah, Minim Komunikasi Salah Satunya
source: https://www.mirror.co.uk/

Kita semua tahu mungkin kesibukan dan padatnya aktivitas orangtua di kantor dan anak-anak di sekolah kerap membuat komunikasi berjalan sedikit lebih sulit. Namun, setidaknya di waktu luang dan hari libur semua anggota keluarga bisa memberikan fokusnya pada kebersamaan keluarga. Sayangnya, pada keluarga-keluarga yang bermasalah, liburan sudah tidak lagi bisa menjadi cara untuk mendekatkan keluarga. Bahkan, liburan bersama keluarga menjadi kegiatan yang membosankan dan tidak jarang menimbulkan konflik baru.

baca juga


5. Kekerasan dan Tekanan Antar Anggota Keluarga

5 Ciri Keluarga Bermasalah, Minim Komunikasi Salah Satunya
source: https://www.acritica.com/

Seperti yang kita tahu, keluarga seharusnya memiliki fungsi perlindungan dan fungsi cinta kasih. Namun, apabila orangtua mulai menerapkan kekerasan fisik dan penekanan terhadap mental pada anak-anak, tentu ini menandakan bahwa fungsi keluarga tidak berjalan sebagaimana seharusnya. Kasus-kasus seperti ini harus sangat diperhatikan sebab berisiko menimbulkan masalah-masalah serius pada tiap anggota keluarga ke depannya.

Apabila Mommy mendapati adanya salah satu tanda keluarga bermasalah dalam keluargamu, ada baiknya untuk segera mencari sumber masalah dan memperbaikinya bersama. Jika diperlukan, carilah ahli yang bisa membantu menyelesaikan masalah sebelum semuanya bertambah buruk.