Seiring bertambahnya usia, kebanyakan orang akan mengalami peningkatan rasa sakit, nyeri dan kekakuan sendi. Banyak dari kita berasumsi bahwa ketidaknyamanan ini hanya terjadi pada wilayah-wilayah tersebut. Namun, nyatanya ketika kondisi ini sudah sampai pada tulang belakang, akan terjadi beberapa penurunan fungsi dan fleksibilitas karena kekuatan tulang belakang mulai memburuk seiring waktu.

Hindari Bungkuk di Masa Tua, Ini 5 Rahasia yang Harus Dilakukan Sejak Dini
source: https://www.healthline.com/

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan sekarang untuk membantu menjaga fleksibilitas dan kenyamanan tulang belakang hingga Mommy memasuki masa tua. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Mommy ketahui untuk membantu mencegah sakit punggung dan cedera di masa depan:


1. Jaga Asupan Makanan Bergizi

Hindari Bungkuk di Masa Tua, Ini 5 Rahasia yang Harus Dilakukan Sejak Dini
source: https://www.drweil.com/

Kita semua tahu bagaimana kalsium bermanfaat besar bagi pertumbuhan dan kesehatan tulang. Nah, untuk para wanita berusia 19 hingga 50 tahun sangat disarankan untuk mendapat 1.000 miligram kalsium setiap hari. Sedangkan untuk wanita yang lebih tua, asupan kalsium yang disarankan per hari adalah 1.200 miligram. Akan tetapi, pahami bahwa akan sangat lebih baik untuk memperoleh asupan kalsium dari makanan daripada dari asupan suplemen.

baca juga


2. Perhatikan Asupan Vitamin D

Hindari Bungkuk di Masa Tua, Ini 5 Rahasia yang Harus Dilakukan Sejak Dini
source: https://www.aptaclub.co.uk/

Vitamin D juga merupakan zat yang sangat penting untuk kesehatan tulang serta berperan baik dalam membantu menjaga kondisi otot. Cobalah untuk mendapatkan asupan vitamin D dari pola makan yang sehat. Sebuah laporan dari Institute of Medicine, Amerika Serikat, menemukan bahwa kebanyakan dari kita dapat memperoleh asupan vitamin D yang cukup dari makanan dan sinar matahari tanpa mengonsumsi suplemen. Nah, asupan makanan yang direkomendasikan untuk vitamin D adalah 600 IU per hari untuk wanita hingga usia 70, dan 800 IU untuk wanita yang lebih tua dari 70.


3. Biasakan Postur Duduk yang Baik

Hindari Bungkuk di Masa Tua, Ini 5 Rahasia yang Harus Dilakukan Sejak Dini
source: https://www.medicalnewstoday.com/

Ketika Mommy memiliki rutinitas bekerja dengan posisi duduk sepanjang hari, pastikan untuk selalu menjaga postur tubuh tetap baik dan benar. Duduklah dengan postur tubuh yang baik dan tegak dengan posisi bahu yang lebih rileks. Untuk membentuk latihan disiplin yang fokus pada kesadaran postur tubuh, Mommy dapat mengikuti olahraga seperti Pilates dan Yoga, sehingga Mommy dapat terbantu untuk bisa terbiasa dengan posisi duduk tegak. 

baca juga


4. Kuatkan Otot Inti

Hindari Bungkuk di Masa Tua, Ini 5 Rahasia yang Harus Dilakukan Sejak Dini
source: https://www.medicalnewstoday.com/

Pilates dan yoga adalah cara yang bagus untuk membangun kekuatan otot intimu, yaitu otot-otot di perut dan area panggul. Melatih otot inti sangatlah penting untuk dapat membentuk fondasi postur yang baik. Selain itu, otot inti yang kuat juga dapat memberikan banyak manfaat lain, seperti meningkatkan kerja pernafasan, menguatkan stabilitas tubuh, hingga membentuk tubuh yang lebih ideal.


5. Latihan Angkat Beban

Hindari Bungkuk di Masa Tua, Ini 5 Rahasia yang Harus Dilakukan Sejak Dini
source: https://justfitnesshub.com/

Fraktur kompresi tulang belakang yang mengurangi dari tinggi badan seseorang saat lanjut usia dapat menyebabkan munculnya "dowager's hump" di punggung atas yang memberikan tampilan tubuh bungkuk di usia tua. Kondisi ini kerap disebabkan oleh penyakit osteoporosis yang menipiskan tulang. Baik wanita dan pria dapat mencegah perubahan ini dengan rutin mengikuti latihan beban, seperti berjalan, memanjat, dan mengangkat beban.

Itulah beberapa hal yang bisa Mommy lakukan untuk mencegah tubuh bungkuk di masa tua. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!