Cuka dan Bawang Putih

Jika kecap asin di rumah habis dan Moms belum sempat membelinya, Moms bisa menggunakan cuka dan bawang putih untuk menggantikannya. Tapi Moms harus sabar, karena Moms akan membutuhkan waktu minimal 10 jam untuk buat pengganti kecap asin yang satu ini. Sisi baiknya adalah, larutan ini mengandung sedikit sodium. Sehingga, tidak perlu kuatir akan tekanan darah. Begini Moms cara membuatnya.

  • Siapkan 2 siung irisan bawang putih, 3 sdm bawang merah bubuk, 3/4 gelas cuka, dan 3 sdm molase (tetes tebu hitam).
  • Panaskan cuka dan irisan bawang putih dalam panci. Dinginkan dan masukkan dalam wadah kedap udara. Biarkan semalaman (min. 10 jam)
  • Pagi harinya, saring larutan hingga jernih. alu campur dengan sisa bahan lain. Aduk laruran dan simpan dalam lemari pendingin agar tahan hingga 30 hari.
Cuka dan Bawang Putih
source: https://www.grid.id/

Kecap Inggris

Jika kecap asin di rumah habis, cara kedua Moms bisa menggantinya dengan kecap inggris. Bahan yang satu ini biasanya digunakan untuk masakan yang dibakar atau panggang. Kecap ini rasanya asin-gurih dengan aroma yang khas. Karena rasanya yang sedikit mirip, kecap inggris cocok digunakan sebagai pengganti kecap asin.

Kecap Inggris
source: https://shopee.co.id/

Caranya pun sangat sederhana, hanya perlu campurkan 8 sendok makan kecap inggris dengan 2 sendok makan air. Aduk hingga larut sempurna. Koreksi rasanya dengan tambahkan sedikit garam serta merica.

baca juga

Saus Tiram

Bahan ketiga pengganti kecap asin adalah Saus Tiram. Bahan yang satu ini memang terbuat dari tiram yang dimasak hingga kental, rasanya pun gurih dan asin. Meski rasanya berbeda, tapi saus tiram yang digabung dengan bahan lain bisa terasa mirip dengan kecap asin, Moms.

Saus Tiram
source: https://www.blibli.com/

Caranya panaskan 8 sendok makan saus tiram, 2 sendok makan air, 1/4 sendok teh bawang putih bubuk, 1/4 sendok teh jahe bubuk, serta garam dan merica secukupnya. Aduk hingga seluruh bumbu larut, kemudian matikan kompor dan saring larutan.

Kaldu Sapi Bubuk

Bahan alternatif keempat pengganti kecap asin adalah Kaldu Sapi Bubuk. Kegurihan kaldu sapi  mirip dengan kecap asin. Moms hanya perlu menambahkan bahan dengan cita rasa asam dan manis. Jadi Moms perlu menyiapkan juga molase (tetes tebu) hitam dan cuka apel.

Kaldu Sapi Bubuk
source: https://www.tribunnews.com/

Pertama, campur 1.5 gelas air dengan 4 sendok makan kaldu sapi bubuk, 4 sendok teh cuka apel, 2 sendok makan molase, ¼ sendok teh jahe bubuk, serta sedikit bawang putih bubuk dan merica.

Kemudian, masak campuran tersebut dengan api sedang. Aduk hingga larutan menyusut dan hanya tinggal satu gelas saja. Simpan larutan dalam kemari pendingin dan aduk bila hendak digunakan. Larutan ini hanya bisa bertahan selama 3-4 hari saja.

baca juga

Kaldu Sayuran Bubuk

Selain kaldu sapi bubuk, bahan pengganti kecap asin yang terakhir adalah kaldu sayuran bubuk. Bahan cocok untuk Mommies yang merupakan vegetarian dan ingin masakan dengan sodium yang rendah. 

Cara membuatnya, campur 1,5 gelas kaldu sayuran, 1,5 gelas air, 4 sendok makan cuka, 1 sendok makan molase, 1 sendok teh minyak wijen, 1/4 jahe bubuk, serta garam dan merica secukupnya.

Kaldu Sayuran Bubuk
source: https://www.resepkoki.id/

Masak campuran tersebut hingga menyusut setengahnya. Aduk terus agar bumbu larut. Terakhir, masukan dalam botol kaca bertutup. Simpan larutan dalam lemari pendingin agar mampu dikonsumsi lama.

Nah Moms, itu tadi 5 bahan alternatif pengganti jika kecap asin Moms di rumah habis. Selamat mencoba ya, Moms.