Apa itu Bawang Hitam?

Tahukah, Moms? Ternyata bawang hitam merupakan bawang putih yang telah diawetkan. Bawang putih segar disimpan pada suhu tinggi sekitar 60-80 derajat Celcius dengan kelembapan 70-90% selama 10-40 hari. Proses tersebut akan mengubah warna bawang putih menjadi hitam dan juga mengubah sifat kimia. Rasanya pun menjadi lebih manis dan aroma yang tidak terlalu kuat.

Apa itu Bawang Hitam?
source: https://www.idntimes.com/

Bawang hitam mengandung banyak antioksidan karena kandungan alisin pada bawang putih yang telah mengalami reaksi Mailard berubah menjadi berbagai senyawa antioksidan. Beberapa senyawa antioksidan yang terbentuk di antaranya adalah amadori, hidroksimetilfurfural, organosulfur, dan piruvat.

Manfaat Bawang Hitam

Mencegah dan Mengatasi Kanker
Manfaat bawang hitam yang pertama adalah mencegah dan mengatasi kanker. Ini dikarenakan bawang hitam dapat menghambat sinyal-sinyal yang mendukung pertumbuhan sel-sel kanker. Bawang hitam juga mampu membunuh sel-sel kanker hingga benar-benar mati. Berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker perut, kanker serviks, dan kanker lainnya. Khasiat bawang putih juga bisa mengobati leukimia.

Menurunkan Tekanan Darah
Manfaat bawang hitam yang kedua adalah untuk menurunkan tekanan darah agar tetap berada di kisaran normal. Kandungan organosulfur di dalam bawang hitam dapat melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan aliran darah terhadap dinding arteri menurun.

Meredakan Peradangan
Berbagai jenis peradangan seperti radang sendi, nyeri otot, dan radang lainnya bisa diredakan dengan mengonsumsi bawang hitam. Bawang hitam mengandung antioksidan dan zat lain yang memiliki sifat antiinflamasi. Zat-zat tersebut bisa mencegah lepasnya sitokin yang akan merangsang respon inflamasi. Sitokin yang mampu dicegah pelepasannya bisa mencegah stimulasi respon inflamasi.

Manfaat Bawang Hitam
source: https://sumut.idntimes.com/

Atasi Alergi
Jika Moms memiliki masalah dengan alergi, sebaiknya Moms mengonsumsi bawang hitam. Karena bawang hitam dapat menghambat gen-gen yang menyebabkan munculnya reaksi alergi. Pada kasus alergi tingkat parah, khasiat bawang hitam mampu mengurangi reaksi alergi. Bawang hitam dapat memberi hambatan pada molekul penyebab alergi dan mengaktifkan sel-sel imunitas yaitu makrofag.

Mencegah Obesitas
Moms punya masalah kegemukan? Coba konsumsi bawang hitam secara teratur. Karena bawang hitam dipercaya mampu menurunkan berat badan. Selain berat badan, manfaat bawang hitam juga dapat menurunkan lemak-lemak di perut dan sel-sel lemak. Oleh karena itu, konsumsilah bawang hitam secara rutin agar berat badan Moms menjadi ideal dan lemak-lemak menjadi luruh.

Nah Moms, itu tadi manfaat bawang hitam untuk kesehatan. Ternyata banyak kan, Moms. Semoga informasi ini bermanfaat.