Video Anak Vaping

Viral Video Bayi Vaping! Ketahui Bahaya Vape Untuk Anak-anak
source: https://www.orami.co.id/

Akun Twitter milik @khairul_hafidz mengunggah sebuah video berdurasi 20 detik yang menayangkan seorang bayi yang diperkirakan masih berusia di bawah 2 tahun sedang menggunakan vape atau rokok elektrik. Dalam videonya, balita tersebut hanya mengenakan popok dan sebuah dasi. Yang membuat video ini semakin miris adalah kemahiran si anak dalam menghisap dan mengepulkan asap dari vape yang dia pegang. Ia tampak seperti orang dewasa yang sudah terbiasa vaping. Para orangtua yang melihatnya pasti sedih dan sangat geram.

Dalam unggahannya di Twitter, Khairul Hafidz menuliskan sebuah pesan, "Ini merupakan satu kejadian yang menyedihkan. Apa kita mau perkara seperti ini dianggap hal biasa? Apa kita mau mempertaruhkan masa depan mereka? Sayangi keluarga kita, sayangi anak-anak kita, #StopVaping #StopSmoking."

Membiarkan anak terbiasa dengan vape tidak hanya memberikan contoh yang buruk untuk karakter anak ke depannya, tetapi juga membahayakan kesehatan anak itu sendiri. Kita semua tahu bahwa vape yang dikatakan tidak berbahaya ternyata dapat menyebabkan timbulnya penyakit pernafasan dan paru-paru pada orang dewasa. Bayangkan jika zat dan asap yang ada dalam vape masuk ke dalam tubuh seorang anak.

baca juga


Bahaya Vape untuk Anak-Anak

Viral Video Bayi Vaping! Ketahui Bahaya Vape Untuk Anak-anak
source: https://www.astroawani.com/

Hingga saat ini, video berdurasi 20 detik ini sudah ditonton oleh warganet sebanyak 193 ribu kali dan di-share sebanyak lebih dari 4 ribu kali. Dilansir dari Haibunda, bahaya vape untuk kesehatan anak sangatlah perlu diperhatikan oleh orangtua. Seorang dokter anak, Mary L Gavin, MD, menyatakan bahwa penggunaan vape pada anak dapat berisiko menyebabkan keracunan pada anak. Apalagi dengan adanya risiko anak secara tidak sengaja meminum cairan vape. 

Mengingat vape yang memiliki tambahan perasa dan aroma buah-buahan, bukan tidak mungkin anak akan tertarik untuk mencoba meminum cairan vape. Apabila dibiarkan dalam jumlah besar, kandungan nikotin yang merupakan bahan utama dalam cairan vape dapat membuat anak menjadi kejang hingga kehilangan kesadaran. Berikut ini adalah beberapa ciri anak yang keracunan nikotin:

  • Mual dan muntah
  • Badan menjadi lesu dan pucat
  • Keringat berlebih dan mengeluarkan liur
  • Gelisah, cemas, dan jantung berdebar cepat
Viral Video Bayi Vaping! Ketahui Bahaya Vape Untuk Anak-anak
source: https://thestreetsmy.wordpress.com/

Itulah beberapa hal yang perlu Mommy tahu seputar bahaya penggunaan vape pada anak-anak. Sebagai orangtua, ada baiknya Mommy dan suami memberikan contoh yang baik dengan tidak merokok atau pun vaping di depan anak-anak.