PerawatanOorgan Intim Bayi Perempuan Berbeda dengan Bayi Laki-laki

cara merawat bayi perempuan yang perlu diperhatikan pertama adalah adalah perihal merawat organ intimnya. Bersihkan organ intim bayimu setiap habis buang air kecil dan buang air besar. Saat membersihkannya, kamu tidak perlu membuka bibir vagina atau vulva untuk membersihkan bagian dalamnya. Cukup seka kulit di sekitar organ intim dengan kapas basah dan air mengalir. Bersihkan dari arah depan ke belakang, ke bagian anus. Hati-hati jangan sampai terbalik, karena bakteri pada feses bisa menyebar sampai ke vagina. Setelah bersih benar, keringkan dengan handuk bersih.

source: https://sg.theasianparent.com/baby-girl-genital-care/


 

baca juga

Bayi Perempuan Juga Mengalami Keputihan

Mungkin kamu kaget ketika menemukan ada cairan seperti keputihan pada popok saat mengganti popok bayimu. Hal ini bisa jadi disebabkan karena kamu keliru membersihkan organ intim bayimu. Selain itu pemakaian popok dalam keadaan basah dan lembap dalam waktu lama bisa menjadi penyebabnya. Popok sebaiknya diganti setiap 4 jam sekali dan setelah bayi buang air besar. Kalau ternyata kamu sudah melakukan hal benar, tapi bayimu masih keputihan, segera bawa ia ke dokter anak untuk diperiksa.

source: https://www.huggies.com/en-us/mommyanswers/diapering/5-tips-for-diapering-while-youre-out-and-about


 

Atasi Ruam Popok Segera Agar Tidak Meninggalkan Bekas

Biasanya bayi mengalami ruam popok karena kulitnya tidak cocok dengan zat yang ada di popok dan akibat pemakaian popok yang tidak tepat. Nah, kalau bayimu terlanjur mengalaminya, segera atasi dengan mengganti popoknya. Ruam biasanya terasa nyeri, gatal dan meninggalkan bekas. Kalau tidak segera kamu obati, kemungkinan bekas itu akan tetap ada sampai bayi beranjak besar. Untuk mengobatinya, kamu harus memilih produk yang terpercaya dan dibuat dari bahan alami agar tidak memperparah iritasi di kulitnya.

source: http://www.momjunction.com/articles/baby-diaper-brands_00359510/


 

baca juga

Rawat Rambutnya Sejak dari Bayi

Rambut adalah mahkota bagi perempuan, jadi kalau kamu ingin kelak rambut bayimu sehat, tebal dan terlihat indah, maka rawat semenjak ia masih bayi. Merawat rambutnya tidak susah kok, cukup dengan mencuci rambutnya menggunakan sampo khusus bayi secara rutin dan berikan pelembap. Pilih produk yang aman dan terpercaya untuk bayimu ya, ladies. Jangan terlalu sering mengikat rambutnya karena malah akan merusak helai rambut.

 

source: https://www.eumom.ie/kids/child-health/how-often-should-i-wash-my-baby-s-hair


 

Pahami Karakter Bayi Perempuanmu

Perbedaan karakter antara anak perempuan dan laki-laki sudah terlihat sejak mereka bayi lho. Misalnya, kemampuan motorik halus bayi perempuan lebih cepat berkembang dari bayi laki-laki, lebih cepat berbicara, pandai meniru dan terampil dalam membaca ekspresi dan emosi. Dengan mengetahui karakter dan kemampuannya itu, kamu bisa lebih mudah menghadapi dan menstimulasinya. Lalu, jangan lupakan juga perlakukan bayi perempuanmu sesuai dengan gendernya ya, misalnya memberikannya mainan berupa boneka, barbie, memakaikannya baju perempuan.

source: http://www.playbuzz.com/celloviolinmaster10110/what-should-you-name-your-baby-girl