1. Menurunkan Level Stres

Tak Hanya Hilangkan Penat, Ini 5 Manfaat Traveling Untuk Kesehatan

Alasan utama seseorang saat akan melakukan traveling adalah untuk menghilangkan stres dan kejenuhan terhadap rutinitas harian. Ternyata, traveling memang dapat meningkatkan kebahagiaan dan menurunkan tingkat depresi seseorang lho, Moms. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan bahwa traveling selama 3 hari dapat berpengaruh baik terhadap kesehatan mulai dari mengurangi kelelahan hingga meningkatkan mood.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tak Hanya Hilangkan Penat, Ini 5 Manfaat Traveling Untuk Kesehatan

Siapa sangka ternyata traveling dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh lho, Moms. Pasalnya, saat berlibur ke tempat yang baru terutama ke negara yang berbeda musim, secara otomatis tubuh akan dipaksa untuk beradaptasi terhadap lingkungan. Bertemu dan berinteraksi dengan orang lain sangat memungkinkan untuk terjadinya pertukaran bakteri secara tidak disengaja. Tak heran, ada penelitian yang menyebutkan bahwa berlibur dari destinasi ke destinasi akan membentuk probiotic alami pada tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Meskipun begitu, tetap jaga kebersihan tangan ya, Moms.

baca juga
3. Meningkatkan Fungsi Otak
Tak Hanya Hilangkan Penat, Ini 5 Manfaat Traveling Untuk Kesehatan

Berlibur dapat membuka wawasan. Pasalnya, Moms akan bertemu dengan orang-orang baru, beradaptasi dengan lingkungan dan situasi yang baru dan mempelajari budaya baru dari destinasi yang sedang dikunjungi. Ternyata, semua aktivitas yang dilakukan selama liburan dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan daya ingat seseorang. Bahkan Journal of Personality and Social Psikology menyebutkan bahwa traveling dapat membuat emosi seseorang lebih stabil.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Tak Hanya Hilangkan Penat, Ini 5 Manfaat Traveling Untuk Kesehatan

Selain makanan berkolesterol tinggi, penyakit jantung juga dapat dipengaruhi oleh seberapa besarnya tingkat stres seseorang. Hal ini sangat berkaitan dengan tekanan darah seseorang. Ketika Moms sedang stres, tekanan darah cenderung lebih tinggi dari biasanya. Jika terus dibiarkan hal ini dapat berdampak pada kesehatan jantung. Pergi berlibur dengan keluarga bisa menjadi solusi terbaik saat stres sudah melanda. Konon, berlibur dapat menjadi pereda stres yang jitu dan membuat hidup menjadi lebih bahagia.
baca juga

5. Membuat Panjang Umur

Tak Hanya Hilangkan Penat, Ini 5 Manfaat Traveling Untuk Kesehatan

Benar adanya, pergi berlibur ke destinasi lokal maupun mancanegara dapat membuat seseorang menjadi panjang umur. Hal ini karena saat berlibur, Moms akan berekspektasi lebih terhadap hidup yang menjadikan Moms menjadi lebih positif dan mensugestikan tubuh untuk tetap sehat agar dapat mengunjungi destinasi lainnya. Penelitian membuktikan bahwa berlibur dapat mengurangi stres, menjaga kesehatan jasmani dan rohani dan meningkatkan kesehatan otak.