1. Lakukan Riset

Moms, Perhatikan 5 Pertimbangan Penting Ini Saat Memilih Dokter Anak
source: https://www.scripps.org/

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan referensi dokter anak yang baik dan sesuai dengan preferensimu adalah dengan melakukan riset semaksimal mungkin. Cobalah untuk memulai dengan bertanya kepada keluarga dan teman. Mereka biasanya akan memberikan rekomendasi untuk dokter anak yang sekiranya cocok untukmu. Selain itu, dokter anak yang baik juga biasanya akan cukup terkenal di kalangan para orangtua.

Namun, pertimbangkan pula lokasi praktik, jam praktik, serta kemungkinan untuk perawatan di luar jam kerja. Cari tahu juga apakah dokter anak yang Mommy pilih menerima asuransi kesehatan yang digunakan oleh keluargamu.


2. Periksa Kredensial dan Pengalaman

Moms, Perhatikan 5 Pertimbangan Penting Ini Saat Memilih Dokter Anak
source: https://www.focusonkidspeds.com/

Seorang dokter anak biasanya sudah mengambil studi spesialis untuk perawatan bayi, anak-anak dan remaja dan telah menyelesaikan pelatihan di bidang pediatri setelah lulus dari sekolah kedokteran. Selaini tu, pertimbangkan rentang pengalaman dan berapa lama dokter tersebut telah bekerja di bidang ini. 

baca juga


3. Pastikan Dokter Tersebut Selalu Update dengan Informasi Kesehatan Anak Terkini

Moms, Perhatikan 5 Pertimbangan Penting Ini Saat Memilih Dokter Anak
source: http://www.pedpartners.com/

Praktik kedokteran dan perawatan kesehatan selalu mengalami perubahan dengan cepat. Itulah sebabnya sangat penting bagi seorang dokter untuk tetap mengikuti update terbaru tentang masalah penyakit dan tumbuh kembang anak agar dapat memberikan perawatan terbaik untuk anak-anakmu. Misalnya, dulu orangtua biasanya diminta untuk membersihkan tali pusat dengan alkohol setelah setiap penggantian popok. Namun, penelitian terbaru menunjukkan praktik ini mungkin dapat menunda proses penyembuhan alami.

Itulah sebabnya dokter anak saat ini lebih merekomendasikan untuk selalu menjaga area tali pusat sebersih dan sekering mungkin dengan menggunakan air putih dan mengeringkannya dengan kain bersih.


4. Cari Dokter Anak yang Benar-benar Klik

Moms, Perhatikan 5 Pertimbangan Penting Ini Saat Memilih Dokter Anak
source: https://www.tinystep.in/

Pahami bahwa dokter anak seharusnya menjadi partner Mommy dalam memantau tumbuh kembang anak. Itulah sebabnya, memiliki dokter anak yang mempunyai visi dan misi yang sama seputar perawatan anak adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Misalnya, jika Mommy ingin memberikan ASI eksklusif pada anak selama 2 tahun penuh, pastikan untuk mencari pendampingan dari dokter anak yang memang pro dengan pemberian ASI eksklusif.

baca juga


5. Perhatikan Pola Interaksi Dokter dengan Anak

Moms, Perhatikan 5 Pertimbangan Penting Ini Saat Memilih Dokter Anak
source: https://www.pinterest.com/

Terakhir, jangan sepelekan untuk mengamati bagaimana dokter berinteraksi dengan anak di beberapa waktu kunjungan pertama. Mommy tentu akan dapat melihat bagaimana dokter mampu membangun hubungan yang baik dengan anakmu. Bahkan beberapa anak dapat mengembangkan ikatan khusus dengan dokter anaknya karena rasa nyaman yang diberikan oleh sang dokter.