Pori-pori pada dasarnya adalah 'lubang' atau bukaan di kulit yang mengandung folikel rambut dan kelenjar minyak. Dari pori-pori inilah, kelenjar minyak mengeluarkan minyak atau sebum alami untuk menjaga kelembapan kulit wajah dan menghindari dari kotoran. Namun, apabila kelenjar minyak memproduksi secara berlebihan, dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Bila pori-pori terus tersumbat, kotor dan dimasuki bakteri, tidak dapat dipungkiri lagi, bila di wajah Moms timbul jerawat.
Oleh sebab itu, penting bagi tiap orang untuk merawat kulit wajah, terutama pori-porinya. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan dan merawat pori-pori, agar tetap bersih dan sehat. Di antaranya:
baca juga

1. Rajin membersihkan wajah

Membersihkan wajah merupakan hal yang terpenting untuk membuat pori-pori bersih dan tidak tersumbat. Bagi wanita maupun pria, setelah beraktivitas seharian di luar, wajib namanya untuk membersihkan dan mencuci muka. Jangan lupa, bagi wanita yang memakai makeup, hendaknya dilakukan double cleaning, yaitu membersihkan make up terlebih dahulu dengan micellar water atau cleansing balm, kemudian dilanjut menggunakan sabun cuci muka.

Pilih sabun cuci muka yang sesuai dengan tipe kulit wajah, apakah kering, berminyak ataupun normal. Facial wash yang baik adalah yang dapat membersihkan wajah tanpa rasa 'keset' atau kering berlebih, pun wajah tidak terasa tertarik. Kemudian, kurangi mencuci muka dengan air panas, karena dapat membuka pori-pori. Sebaiknya, cukup mencuci muka dengan air biasa atau air dingin saja.
1. Rajin membersihkan wajah
source: http://www.gettyimages.com

2. Memakai masker dan scrub

Apabila dirasa dalam seminggu ini, aktivitas outdoor yang dilakukan cukup banyak, maka alangkah baiknya, pada saat akhir pekan, kulit wajah diberi treatment yang lebih berat. Clay mask / Charcoal mask memiliki kemampuan yang ampuh mengangkat kotoran dari pori-pori. Sifatnya yang dapat menyerap kotoran yang ada di wajah ini, dapat membuat wajah Moms lebih bersih dan terawat. Masker ini juga dapat menyerap minyak berlebihan di kulit wajah yang dapat menyumbat pori-pori.

Selain masker Clay atau Charcoal, Moms bisa menggunakan face scrub untuk membersihkan kulit wajah lebih maksimal. Cukup banyak produk scrub wajah yang dijual di pasaran. Baik Clay / Charcoal Mask atau scrub wajah, pemakaiannya cukup 1-2 kali dalam seminggu. Penggunaan tiap hari, tidak disarankan, karena akan memicu kelenjar untuk memproduksi minyak lebih banyak.
2. Memakai masker dan scrub
source: http://www.thehealthy.com
baca juga

3. Memakai toner

Toner memiliki peranan yang cukup penting dalam runtutan skincare. Toner dapat mengembalikan pH kulit wajah setelah mencuci muka. Saat mencuci muka, biasanya pori-pori wajah akan terbuka. Penggunaan toner setelah mencuci muka, dapat membersihkan sisa-sisa kotoran yang tidak dijangkau oleh sabun wajah dan menyiapkan wajah untuk perawatan skin care selanjutnya. Toner juga dapat mengecilkan pori-pori.
3. Memakai toner
source: http://www.thehealthsite.com

4. Batasi penggunaan kertas minyak

Bagi pemilik kulit berminyak, kertas minyak atau blotting paper adalah penyelamat. Saat merasa kulit wajah terlalu berminyak, blot dengan kertas minyak dan voila! minyak di wajah pun hilang. Memang kertas minyak berfungsi demikian, namun apabila penggunaannya terlalu sering dapat merusak kulit wajah. Karena, ketika minyak di kulit wajah dirasa tidak ada, kelenjar minyak akan terus memproduksi minyak secara berlebih, agar wajah tetap lembab. Umumnya penggunaan kertas minyak cukup 1-2 kali dalam sehari.
4. Batasi penggunaan kertas minyak
source: http://www.smarthomekeeping.com

5. Menggunakan pelembap dan tabir surya

Baik untuk pemilik kulit kering, berminyak dan normal, wajib hukumnya untuk menggunakan pelembap dan tabir surya atau sunscreen. Pelembap dapat menyeimbangkan kadar minyak dan kelembapan pada kulit wajah, sehingga tidak ada produksi minyak yang berlebihan. Sedangkan tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sinar matahari mengandung UV A dan UV B yang mampu merusak kulit wajah. Selain dapat menyebabkan sun/dark spot, sinar matahari dapat membuat pori-pori membesar.
5. Menggunakan pelembap dan tabir surya
source: http://www.primecare-clinics.com
Nah, itu dia 5 cara untuk merawat pori-pori wajah agar tetap bersih dan sehat, Moms. Coba diterapkan sehari-hari, ya!