Ternyata, Ariel Tatum diketahui mengidap Borderline Personality Disorder (BPD). Sebuah penyakit psikologis yang menyebabkan dirinya sulit untuk berkegiatan dan menjalin hubungan dengan orang lain. Lantaran gangguan mental inilah Ariel sempat beberapa kali melakukan percobaan bunuh diri. Lantas, sebetulnya apa sih BPD itu? Yuk, moms simak ulasan berikut ini!

1. Mengenal penyakit BPD

Borderline Personality Disorder (BPD) merupakan salah satu diagnosis gangguan jiwa. BPD ini juga disebut sebagai Gangguan Kepribadian Ambang dimana sang pengidap gangguan ini akan mengalami suasana hati serta citra diri yang berubah-ubah, dan timbulnya perilaku impulsif. 

Seseorang yang mengidap BPD memiliki cara berpikir, cara pandang, serta perasaan yang berbeda dibanding manusia pada umumnya sehingga menyebabkan masalah dalam menjalankan kehidupan sehari-hari dan menjalin hubungan dengan orang lain. Seperti hubungan dengan keluarga, teman, ataupun pekerjaan. Umumnya gangguan ini muncul ketika seseorang menginjak usia dewasa. 

Mengenal BPD, Gangguan Mental yang Diidap Ariel Tatum Hingga Nyaris Bunuh Diri

2. Gejala Borderline Personality Disorder (BPD)

Biasanya moms, remaja dengan Borderline Personality Disorder memiliki ketakutan yang kuat akan pengabaian dan ketidakstabilan. Mereka selalu menganggap dirinya memiliki kekurangan yang membuat hidupnya terasa hampa dan merasa diabaikan oleh orang lain. Gejala gangguan kepribadian ini biasanya muncul pada masa remaja menjelang dewasa dan dapat berupa gejala berat hingga ringan.

  • Kondisi mood yang tidak stabil. Kondisi ini biasanya bertahan dalam kurun waktu beberapa jam. Seperti perasaan hampa, kosong atau susah mengendalikan rasa marah. 
  • Gangguan persepsi atau pola pikir. Mereka kerap kali tiba-tiba memiliki pemikiran bahwa dirinya buruk serta perasaan takut diabaikan sehingga berakibat melakukan tindakan ekstrim.
  • Perilaku impulsif. Umumnya pengidap gangguan ini akan melakukan tindakan yang membahayakan diri sendiri atau melakukan tindakan ceroboh yang tidak bertanggung jawab. Seperti melukai diri sendiri, mencoba bunuh diri , penyalahgunaan alkohol, makan berlebihan, hingga melakukan hubungan seks tanpa alat pengaman. 
  • Menjalin hubungan yang intens tapi tidak stabil. Ditandai dengan perasaan sangat menyukai seseorang namun tiba-tiba menganggap orang tersebut tak peduli. 
Mengenal BPD, Gangguan Mental yang Diidap Ariel Tatum Hingga Nyaris Bunuh Diri
source: https://www.instagram.com/arieltatum
baca juga

3. Penyebab BPD

Hingga saat ini belum diketahui dengan jelas penyebab BPD, namun gangguan ini bisa terjadi akibat beberapa faktor.

  • Genetik, beberapa penelitian mengenai anak kembar dan keluarga menunjukkan bahwa gangguan BPD ini diwariskan dari anggota keluarga.
  • Kelainan otak, penderita BPD memiliki perubahan struktur dan fungsi pada otak, terutama pada area yang mengatur impuls dan emosi. Ia juga mengalami kelainan fungsi dari zat kimia otak atau neurotransmitter yang berperan dalam pengaturan emosi.
  • Lingkungan, lingkungan yang memberikan dampak negatif juga ikut berperan dalam memicu timbulnya gangguan ini Misalnya penderita pernah mengalami penyiksaan atau pelecehan saat kecil. 
Mengenal BPD, Gangguan Mental yang Diidap Ariel Tatum Hingga Nyaris Bunuh Diri
source: https://www.instagram.com/arieltatum

Bila moms mendeteksi si kecil yang beranjak dewasa memiliki gangguan ini segera konsultasikan dengan psikolog ya. Karena saat ini banyak sekali remaja di seluruh belahan dunia yang tengah mengalami gangguan mental.