Seorang pria dengan akun facebook Rio Soeratman pada (20/10) lalu menceritakan pengalamannya yang tidak menyenangkan saat berkendara di jalan raya. Pasalnya, pria ini harus rela merasakan sakit pada matanya karena terkena bara rokok seorang pengendara lain yang sedang merokok saat berkendara di jalan raya. Alhasil, Rio merasa aktivitasnya terganggu karena selama 3 minggu mata yang terkena bara rokok tersebut masih belum sembuh juga.

"Buat teman-teman hati-hati kalau dijalan ketika berkendara dibelakang orang yang merokok,
Masih kebayang-bayang suara "Nyeess" nya pas bara rokok nemplok ke mata.
Udah 3 Minggu aktivitas keganggu gara-gara beginian. Buat pengendara motor yang merokok kalau mau ngerokok coba nepi dulu biar gak ngebahayain orang lain. HORMATI pengendara lain, Bray !!!"

Bahaya Merokok Sambil Berkendara, Pria Ini Sakit Mata 3 Minggu Akibat Bara Rokok

Selain menuliskan pengalaman tidak menyenangkan karena matanya terkena bara rokok pengendara lain yang sedang merokok, Rio juga mengunggah foto matanya yang terlihat memerah akibat bara rokok tersebut.

Bahaya Merokok Sambil Berkendara, Pria Ini Sakit Mata 3 Minggu Akibat Bara Rokok
source: https://www.facebook.com/rio.soeratman

Serem ya, Moms. Padahal merokok saat berkendara itu sudah resmi dilarang lho, Moms. Tapi masih saja ada perokok nakal yang nekad merokok saat sedang berkendara di jalan raya.

baca juga

Larangan Merokok Sambil Berkendara

Seperti dilansir Suara, bahwa Kementerian Perhubungan resmi mengeluarkan larangan berkendara sambil merokok. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 Tahun 2019. Secara spesifik pelarangan tersebut diatur pada Pasal 6 huruf C yang berbunyi,

“Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktifitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor”.

Bagi yang nekat melanggar, maka siap-siaplah didenda Rp750 ribu. Dendanya cukup banyak ya, Moms.

Larangan Merokok Sambil Berkendara
source: https://www.suara.com/

Dampak Merokok Saat Berkendara

Meski merokok sambil berkendara terlihat sepele, namun bisa menimbulkan dampak bagi diri sendiri dan juga orang lain. Masih terkait merokok saat berkendara, Sony Susmana, Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan bahwa secara safety riding merokok sambil berkendara sangat berbahaya.

Dampak Merokok Saat Berkendara
source: https://www.inibaru.id/

Sony juga menambahkan bahwa merokok saat berkendara dapat mengurangi kontrol pada kendaraan. Belum lagi bara yang ditimbulkan dari rokok bisa berterbangan ke pengendara lain yang berada di belakang. Selain itu dampak buruk merokok sambil berkendara lainnya, yakni saat situasi darurat, seperti ketika mendapati situasi harus melakukan pengereman mendadak.

Wah Moms, bahaya banget kan merokok sambil berkendara. Sebenarnya tidak hanya saat berkendara saja rokok bisa membahayakan. Namun asap dari rokok itu sendiri sudah sangat merugikan bagi siapa saja yang menghirupnya. Baik itu si perokok aktif ataupun pasif.