Seperti dilansir dari INews, kejadian pahit ini berawal saat korban mengeluh pusing hingga dibawa orangtuanya untuk diperiksa bidan kampung setempat. Hasil pemeriksaan, korban positif mengandung dengan usia kehamilan empat bulan. 

Miris! Siswi SD Diperkosa Tetangga Hingga Hamil Di Jombang, Apa Dampaknya Untuk Anak?
source: https://www.inews.id/
“Di situ saya kaget, lalu tanya ke dia siapa yang membuatnya sampai seperti ini. Jawabannya tetangga kami,” ujar S, ibu dari siswa SD tersebut, Senin (21/10/2019).
source: https://www.inews.id/

Korban mengaku sudah tiga kali diperkosa pelaku saat sedang sendirian dalam rumah. Korban tak pernah mengadu karena diancam akan dibunuh. 

Mirisnya, ibu korban (S), mengaku tak berani membawa persoalan ini ke ranah hukum, sebab selama ini mereka tinggal di atas tanah milik keluarga pelaku. Jika melapor, S takut akan diusir, apalagi saat diminta pertanggungjawaban, pelaku berinisial Y malah melarikan diri. Dan kini korban lebih banyak menutup diri serta tak lagi sekolah karena sudah berbadan dua.

AKP Azi Pratas Gus Pitu selaku Kasat Reskrim Polres Jombang mengaku jika sampai saat ini belum ada laporan soal kasus tersebut. Hanya saya dia mengaku sudah mendengar ada kejadian seperti itu di daerah Sumobito.

Miris! Siswi SD Diperkosa Tetangga Hingga Hamil Di Jombang, Apa Dampaknya Untuk Anak?
source: https://hellosehat.com/
“Untuk laporan memang belum ada. Jika keluarga korban mau melapor, kami berjanji akan segera menindaklanjuti kasus ini dan menangkap pelaku,” katanya.
source: https://hellosehat.com/
baca juga

Dampak Kekerasan Seksual Pada Anak

Perlu diketahui, kasus perkosaan yang dialami anak-anak tidak hanya membuat korban kehilangan masa depannya, namun juga ada beberapa dampak kekerasan seksual yang berpengaruh pada psikologi yang harus dialami anak-anak. Diantaranya adalah:

  • Anak menjadi pribadi yang tertutup dan tidak percaya diri.
  • Timbul perasaan bersalah, stres, bahkan depresi.
  • Timbul ketakutan atau fobia tertentu.
  • Mengidap gangguan traumatik pasca kejadian (PTSD).
  • Di kemudian hari, anak bisa menjadi lebih agresif, berpotensi melakukan tindan kriminal bahkan menjadi calon pelaku kekerasan.
  • Susah makan dan tidur, mendapat mimpi buruk.
  • Terjangkit penyakit menular seksual.
  • Disfungsi seksual.
  • Tidak bersosialisasi dengan lingkungan luar.
  • Mudah merasa takut dan cemas berlebihan.
  • Prestasi akademik menjadi rendah.
  • Adanya gangguan psikis, dan bisa menghambat tumbuh-kembang anak.
Dampak Kekerasan Seksual Pada Anak
source: https://www.guesehat.com/

Seperti dilansir WebMD, korban kekerasan dan pelecehan seksual sering kali berdampak besar pada kesehatan mental dan fisik korban, yang meningkatkan risiko tidak hanya depresi, kegelisahan, dan gangguan stres pascatrauma (PTSD), tetapi juga tekanan darah tinggi dan kurang tidur.

"Efek kesehatan jangka panjang yang terkait dengan pelecehan dan penyerangan seksual bukan hanya tentang dampak yang ditimbulkannya terhadap kesehatan mental seseorang," kata penulis studi, Karestan Koenen, profesor epidemiologi psikiatri di Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard TH Chan di Boston.
source: https://www.suara.com/

Berdasarkan studi tersebut, pelecehan seksual dikaitkan dengan tekanan darah yang secara signifikan lebih tinggi, dan peningkatan 20% risiko penyakit jantung. Tidak hanya itu, kadar lemak yang dihasilkan juga lebih tinggi dan kualitas tidur yang buruk juga meningkat.

Wah berbahaya sekali ya, Moms.

baca juga

Tips Agar Anak-Anak Terhindar dari Pelecehan Seksual

Moms ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan sebagai orangtua, agar anak-anak kita terhindar dari pelecehan seksual, diantaranya adalah"

  • Beritahu anak bahwa tubuh mereka tidak boleh disentuh orang lain tanpa seizin mereka.
  • Ajari anak tentang sentuhan baik dan buruk. Sentuhan buruk itu jika ada orang yang menyentuh bagian terlarang yang tertutup pakaian dalam.
  • Ajarkan anak membedakan rahasia baik dan buruk. Kalau rahasia itu membuat anak sedih, takut dan tidak nyaman, maka harus diungkapkan kepada orang tua.
Tips Agar Anak-Anak Terhindar dari Pelecehan Seksual
source: https://www.haibunda.com/
  • Moms harus lebih peka, karena biasanya insting seorang ibu itu tidak pernah salah. Moms harus mengetahui saat anaknya sedih, takut, dan tidak nyaman.
  • Beritahu anak kemana dia harus mencari perlindungan. Selain orang tua, anak-anak bisa memberi tahu guru atas perilaku orang-orang yang melakukan pelecehan seksual.
  • Bekali anak pengetahuan tentang anatomi agar tidak kaget saat menstruasi atau mimpi basah. Moms juga bisa menjelaskan akibat jika anak tidak menjaga organ-organ pribadinya misalkan hamil, penyakit menular seksual dengan gambar yang menyeramkan.
Nah Moms, sebagai orangtua kita juga harus turut serta menjaga anak-anak kita, baik laki-laki atau perempuan, agar terhindar dari hal-hal buruk yang tidak dinginkan, salah satunya adalah kekerasan seksual.