Meski sayur pare memiliki rasa yang pahit, pare memiliki segudang manfaat bagi kesehatan maupun dalam hal kecantikan. Hal tersebut dikarenakan pare memiliki kandungan nutrisi baik seperti mineral dan vitamin. Kalsium yang terkandung pada pare pun dua kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan kalsium yang dimiliki bayam. Pare bisa diambil manfaatnya untuk kecantikan dengan cara dikonsumsi maupun dijadikan bahan alami untuk perawatan wajah rambut, hingga menurunkan berat badan.

Perawatan dari luar dengan pare bisa dengan menhaluskan pare, kemudian jadikan masker wajah dan rambut. Jika moms masih belum yakin dengan manfaat pare, simak yuk moms beragam manfaat pare.  

Mengatasi Keriput

Keriput di wajah muncul bukan hanya karena faktor umur saja, moms. Penyebab keriput bisa karena gaya hidup yang tidak sehat. Wajah bisa kembali kencang dengan bantuan pare, moms. menggunakan pare untuk mengatasi keriput bisa dengan cara perawatan dari dalam yakni rutin mengonsumsinya, dan jadikan pare bahan untuk masker wajah dengan menggunakannya seminggu 2 kali. Setelah itu, wajah akan bebas dari garis halus dan jauh lebih sehat.

Mengatasi Keriput
baca juga

Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini menjadi hal yang moms perhatikan karena akan mengganggu penampilan. Moms tentu tidak ingin terlihat jauh lebih tua dibanding usianya, bukan? Pare memiliki manfaat yakni mencegah penuaan dini karena kandungan vitamin C yang terdapat pada sayuran tersebut. Vitamin C sendiri akan melancarkan peredaran darah, dan menyehatkan pembuluh darah yang berfungsi memproduksi kolagen. Jika pembuluh darah tetap sehat, kolagen juga akan terus diproduksi dengan baik.

Kolagen merupakan protein yang sangat penting demi menjaga keremajaan kulit dan kulit tetap kencang sehingga moms terhindar dari penuaan dini. Moms bisa rutin mengkonsumsi pare dengan cara menghaluskan pare kemudian saring airnya dan minum secara rutin. Pare juga mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Dengan nutrisi tersebut, tubuh dan kulit akan terdetoksifikasi.

Mencegah Penuaan Dini

Menghilangkan Jerawat

Salah satu penyebab wajah berjerawat dan terlihat kusam karena tubuh tidak sehat seperti darah kotor yang mengendap di dalam tubuh. Mengonsumsi pare memberikan manfaat bagi kesehatan seperti menurunkan kadar kolesterol dan gula darah yang tinggi, termasuk membersihkan darah kotor di dalam tubuh. Darah yang bersih akan membantu moms menghilangkan jerawat sekaligus bekas jerawat. Terlebih pare mengandung vitamin C yang masuk ke dalam jenis antioksidan yang akan menjaga kesehatan kulit, meningkatkan produksi kolagen dan mencerahkan kulit.

Moms bisa gunakan pare dengan cara menjadikannya masker wajah dan mencampurnya dengan mentimun. Cukup haluskan kedua bahan tersebut setelah dicuci bersih, kemudian oleskan ke seluruh area wajah, diamkan selama 15-20 menit, terakhir bilas wajah dengan air bersih. 

Menghilangkan Jerawat
baca juga

Menyehatkan Rambut

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan kulit, pare juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan rambut. Tentu jangan hanya kulit saja ya moms yang harus tetap cantik dan sehat, rambut juga harus sehat berkilau. Pare terbukti mengandung vitamin C yang membantu menyuburkan serta membuat rambut lebih hitam berkilau sehingga rambut sehat alami. Masalah ketombe dan rambut bercabang juga bisa diatasi dengan pare.

Selain vitamin C, ada pula kandungan protein yang dibutuhkan rambut agar tetap kuat, tidak mudah rontok. Moms bisa jadikan pare sebagai masker rambut dan bisa pula dicampurkan dengan bahan alami seperti minyak amla atau minyak zaitun.

Menyehatkan Rambut

Melangsingkan Tubuh

Ada banyak alasan yang membuat moms ingin langsing, selain karena kesehatan, moms ingin lebih percaya diri dengan tubuh yang langsing, sehingga melakukan program diet. Kali ini moms bisa mengonsumsi pare sebagai menu diet karena memberikan manfaat bagi kecantikan termasuk menurunkan berat badan sehingga mendapatkan berat yang ideal.

Selain kandungan kalori yang rendah, pare bermanfaatkan menguatkan metabolime karbohidrat. Metabolisme yang kuat sangat diperlukan bagi moms yang sedang diet agar tidak mudah lelah atau sakit, justru efektif menurunkan berat badan dan tubuh akan terdetoksifikasi.

Melangsingkan Tubuh