Tidak hanya buah alpukat yang memiliki banyak manfaat, biji alpukat pun juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Biji alpukat yang tak kalah manfaatnya dengan daging buah alpukat sekaligus bisa dikonsumsi sebaiknya jangan langsung dibuang, moms. Berikut di bawah ini deretan manfaat biji alpukat bagi tubuh.
 

Mencegah Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi terjadi salah satunya karena moms sembarangan memilih jenis makanan seperti gula, makanan olahan, minuman berkafein, dan kulit ayam. Agar tekanan darah kembali normal atau tetap seimbang, moms juga harus mengkonsumsi makanan bergizi seperti biji alpukat yang memiliki manfaat mencegah penyakit tekanan darah tinggi. Daging buah alpukat yang mengandung kalium pun juga berfungsi mengontrol tekanan darah yang menjaga kelenturan pembuluh arteri.

Mencegah Penyakit Tekanan Darah Tinggi
baca juga

Menurunkan Kolesterol

Di dalam tubuh tentu mengandung kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol jahat yang mengendap di dalam tubuh akan menjadi sumber penyakit yang menyerang kesehatan. Oleh karena itu, biji alpukat hadir memberi manfaat menurunkan kolesterol tinggi karena mengandung nourishing oil dan antioksidan. Manfaat tersebut juga dimiliki daging buah alpukat. Selain itu, biji alpukat mengandung serat larut yang membantu menurunkan kolesterol sekaligus menyehatkan jantung.

Menurunkan Kolesterol

Mengatasi Sembelit

Serat alami yang terkandung di dalam biji alpukat cukup tinggi, moms, sehingga mampu mengatasi sembelit maupun masalah sistem pencernaan lainnya. Biji alpukat maupun ekstraknya mampu melancarkan pencernaan, serta baik untuk kesehatan usus dan lambung.

Mengatasi Sembelit
baca juga

Menurunkan Berat Badan

Saat berdiet, tubuh diharuskan perbanyak mengkonsumsi makanan yang tinggi serat. Kandungan serat alami yang tinggi dimiliki oleh biji alpukat. Serat berfungsi menahan rasa lapar dalam waktu yang lama, dan efektif menurunkan berat badan secara signifikan.

Menurunkan Berat Badan

Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Sel-sel kanker dapat menyerang seluruh organ tubuh hingga menakibatkan kematian. Kanker bisa dicegah dengan mengganti gaya hidup dan pola makan yang lebih baik, termasuk mengkonsumsi biji alpukat yang bermanfaat mencegah munculnya sel kanker. Hal tersebut dikarenakan biji alpukat mengandung antioksidan yang tinggi yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Sel-sel di dalam tubuh pun tetap sehat dan tidak mudah rusak. Selain itu, biji alpukat mengandung zat flavonoid yang berkhasiat mencegah kanker.

Mencegah Kanker

Menyembuhkan Radang

Manfaat lain yang dihasilkan dari mengkonsumsi biji alpukat yakni menyembuhkan radang. Hal tersebut dikarenakan biji alpukat bersifat fungisida dan bakterisida yang mampu menetralkan mikroorganisme berbahaya yang bersarang di dalam tubuh. Biji alpukat pun bersifat antiinflamasi yang menjadi obat antiradang.

Menyembuhkan Radang

Cara Mengolah Biji Alpukat

Cara mengolah atau menyajikan biji alpukat tidak semudah makan daging buah alpukat, moms. Berikut di bawah ini cara yang baik dan benar mengolah biji alpukat agar kandungan nutrisinya bisa dimanfaatkan dengan baik dan benar.

  1. Rebus biji alpukat dengan air panas selama 10 menit, kemudian dinginkan.
  2. Ambil air rebusan biji alpukat, kemudian minum.
  3. Sementara itu, biji alpukat lainnya yang belum diolah kemudian panggang kurang lebih selama 10 menit.
  4. Setelah dipanggang, haluskan biji alpukat hingga berubah tekturnya menjadi bubuk. Bubuk tersebut bisa dicampur dengan jus buah dan smoothies. 

Selamat mencoba, moms.

Cara Mengolah Biji Alpukat