Baru-baru ini, sejumlah anak dilaporkan mengalami gangguan jiwa akibat kecanduan gadget. Untuk itu, seperti dilansir Detik, Wali Kota Bandung Oded M Danial akan memberi anak ayam kepada anak-anak di Bandung untuk mencegah remaja kecanduan gadget.

Trik Seru Walkot Bandung Cegah Pelajar Kecanduan Gadget dengan Bagikan Anak Ayam
source: https://parenting.orami.co.id/
"Saya ke depan punya program untuk anak-anak sekolah SD dan SMP agar mereka tidak fokus ke gadget, saya akan beri mereka untuk pelihara anak ayam kampung agar anak-anak memiliki kegiatan," ucap Oded kepada wartawan di Pendopo Bandung, Senin (21/10/2019).
source: https://parenting.orami.co.id/

Oded mengatakan bahwa setiap anak akan diberikan satu ekor anak ayam untuk dipelihara. Hal ini bertujuan agar anak-anak punya kegiatan di rumah dan tidak kecanduan gadget.

Trik Seru Walkot Bandung Cegah Pelajar Kecanduan Gadget dengan Bagikan Anak Ayam
source: https://www.youtube.com/
"Cuma satu ekor, bisa pakai kardus cukup, tidak butuh kandang besar. Dengan kegiatan ekstra di rumah mengurangi mereka menggunakan gadget," kata Oded.
source: https://www.youtube.com/

Program ini akan diberlakukan mulai tahun ini, dan pemberian anak ayam kepada anak-anak akan dicoba dilakukan kepada 20 sampai 30 anak di 30 kecamatan Kota Bandung. Jika berhasil, anak ayam ini nanti akan ditimbang, dan ayam dengan bobot paling berat akan diganti dengan sepeda agar anak-anak tersebut lebih bersemangat.

baca juga

Bahaya Gadget Pada Anak

Tentu bukan hal mustahil kalau Moms mau melarang pemberian gadget pada anak, karena ternyata dibalik bentuknya yang menarik, gadget menyimpan banyak sekali bahaya ketika diberikan pada anak-anak dengan usia dibawah 12 tahun. Apa saja?

  • Mengganggu pertumbuhan otak anak
  • Tumbuh kembang yang lambat
  • Obesitas
  • Kurang Tidur
  • Kelainan Mental
  • Agresif
  • Menurunkan kemampuan konsentrasi dan memori
Bahaya Gadget Pada Anak
source: https://surabaya.tribunnews.com/

Tips Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Nah Moms sudah tahu kan bahaya gadget pada anak? Jika anak Mommies sudah terlanjur kecanduan gadget, berikut ini tips mengatasinya. Catat ya, Moms.

  • Jadi contoh yang baik, Jika Moms ingin mengurangi waktu bermain gadget anak, maka Moms sendiri juga mampu mengatur waktu untuk menggunakan gadget secara bijak.
  • Batasi Penggunaan Gadget, Jangan meletakkan gadget sembarangan agar anak tidak dengan bebas mengambilnya. Coba atur kembali waktu anak bermain gadget, hal ini bisa membantu Mommies untuk membatasi penggunaan gadget oleh anak.
Tips Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak
source: https://aceh.antaranews.com/
  • Perbanyak Aktivitas, agar fokus anak tidak hanya pada gadget, Moms sebaiknya mengajak anak untuk lari pagi atau bersepeda di hari libur, mengajak anak memasak bersama, atau berkunjung ke rumah saudara.
  • Bersikap Tegas, biasanya anak-anak yang sudah kecanduan gadget akan bersikap tantrum jika gadgetnya diambil. Moms harus tetap tegas untuk menerapkan peraturan yang baru Moms buat untuk membatasi waktu main gadget.
  • Minta Pertolongan Dokter, jika semua usaha sudah Moms lakukan tapi belum juga berhasil. Sebaiknya Moms konsultasi pada dokter. Dokter akan memberikan cara terbaik untuk membantu Mommies menenangkan si kecil dan mengurangi kecanduannya.
Nah Moms, kalau Wali Kota Bandung saja mau memberikan anak ayam agar anak tidak kecanduan gadget, apa Moms masih mau memberikan gadget pada anak-anak Mommies?