Sebagian orang merasa memiliki kepercayaan diri, dan tidak sedikit juga yang masih merasa minder untuk tampil atau mengekspresikan diri. Seseorang yang merasa minder dikarenakan memiliki pikiran negatif bagaimana orang lain akan menilai dirinya, sehingga merasa takut dikritik, dan sebagainya. Padahal rasa minder dan pikiran negatif itu sendirilah yang akan menghambat diri kita untuk berkembang dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Agar rasa minder itu berkurang, sebaiknya kamu membaca tips mengatasi rasa minder di bawah ini.

Introspeksi Diri

Introdpeksi diri berarti memahami kekurangan diri, kemudian berusaha memperbaikinya sambil terus belajar menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Intropeksi diri dilakukan dengan kesadaran penuh dengan pikiran yang tenang agar intropeksi diri tidak menjadi ajang untuk ‘menghakimi diri sendiri’, kamu juga tetap menjadi diri sendiri. Setelah intropeksi dan memperbaiki diri, rasa minder perlahan akan berkurang.

Introspeksi Diri
baca juga

Menghargai Pencapaian Diri

Rasa minder terjadi karena kamu selalu merasa kamu tidak melakukan apa-apa, atau tidak banyak pencapaian yang kamu lakukan. Mulai sekarang, buang pikiran tersebut dan mulai menghargai pencapaian yang kamu dapatkan sekecil apapun. Tanamkan dibenakmu, pencapaian apapun memiliki nilai lebih yang harus kamu apresiasi sendiri. Jangan merendahkan apa yang telah kamu miliki. Selain membuat rasa minder berkurang, menghargai pencapaian akan membuatmu bersyukur dan melakukan hal lain dengan lebih tulus serta lebih baik.  

Menghargai Pencapaian Diri

Merawat Diri

Merawat diri sangat penting untuk membuat kamu lebih percaya diri. Merawat diri tentunya mulai dari penampilan hingga kesehatan agar kamu tetap terlihat sehat dan bugar. Penampilan yang tidak rapih, bersih, dan lesu akan membuat kamu tidak percaya diri saat berhadapan dengan orang lain. Jika kamu sudah merawat diri, maka akan muncul rasa ingin dilihat dan itu menjadi poin penting meningkatkan rasa percaya diri.

Merawat Diri
baca juga

Berpenampilan Baik

Penampilan sangat menjadi poin penting agar orang sekitar nyaman berada didekatmu. Dengan orang lain yang nyaman denganmu, kamu juga akan nyaman dan tidak mudah minder. Tidak perlu berpenampilan mewah, cukup pastikan penampilanmu selalu rapi, bersih, dan wangi mulai dari pakaian, tubuh, rambut, dan lainnya. Berpenampilan baik juga bukan berarti kamu harus terlihat formal dan ketinggalan zaman, kamu bisa terlihat kekinian asalkan penampilan sopan, ya.  

Berpenampilan Baik

Menerima Diri Apa Adanya

Setiap manusia memiliki kelemahan dan kelebihannya sendiri. Kekurangan jangan membuatmu terpuruk, sebaliknya kelebihan jangan membuatmu merasa sombong atau besar kepala. Terima diri sendiri wajib sekali dilakukan baik kekurangan maupun kelebihan. Jika kamu sudah menerima diri sendiri, perlahan orang disekitar juga akan menerima apa adanya dirimu, dan hal itu akan membuatmu lebih yakin dan percaya diri. Cara menerima diri apa adanya yakni dengan tidak membandingkan diri dengan orang lain dalam hal apapun, dan jadilah diri sendiri dengan ciri khas yang kamu miliki. Kamu juga bisa merubah cara pandang tentang dirimu yang awalnya kamu berpikir tidak memiliki kelebihan dibandingkan orang lain, sekarang ganti dengan memikirkan kelebihan-kelebihan yang kamu miliki. Jangan berfokus saja pada kekurangan, ya.

Menerima Diri Apa Adanya

Meningkatkan Pengetahuan dan Bakat

Meningkatkan pengetahuan bisa lewat apa saja, mulai dari video di youtube maupun buku. Kamu juga harus sering membaca kisah tokoh-tokoh inspirasi, selain menambah semangatmu agar lebih percaya diri, banyak ilmu baru juga yang bisa kamu dapatkan. Seraplah informasi berguna sebanyak-banyaknya karena akan melatih cara berpikir sehingga kamu lebih percaya diri saat berbicara. Memiliki pengetahuan lebih akan membuatmu lebih peracaya diri tidak hanya di lingkungan teman, tetapi juga keluarga dan lingkungan kerja. Meningkatkan pengetahuan bisa juga dibarengi dengan meningkatkan bakat yang dimiliki masing-masing agar lebih percaya diri.

Meningkatkan Pengetahuan dan Bakat

Berpikir dan Bertindak Positif

Berpikir positif dan membuang jauh-jauh pikiran negatif akan membuang jauh-jauh rasa mindermu. Pikiran negatif tentang apapun baik lingkungan maupun mengenai diri sendiri harus segera dihilangkan agar kamu bisa melangkah maju dengan menghilangkan rasa minder. Pikiran positif juga harus dibarengan dengan tindakan positif seperti sopan santun, ramah, mudah tersenyum, mudah menyapa seseorang yang dikenal, dan lain-lain. Dengan begitu, energi positif yang kita lakukan pun akan terpancar, dan orang sekitar akan merasakannya pula. Jika perasaan minder atau gugup mulai menyerang, senyum menjadi obat untuk mentralisir perasaan tersebut.

Berpikir dan Bertindak Positif

Cari Dukungan

Lingkungan sekitar seperti teman, keluarga, hingga kekasih memiliki pengaruh terhadap perkembangan dirimu. Seseorang yang tidak mendukung, merendahkan atau bahkan menjatuhkan akan membuatmu semakin terpuruk dan tidak maju. Tidak ada salahnya mengabaikan atau meninggalkan seseorang yang tidak mendukung, dan mulai mencari dukungan dari orang-orang yang tulus mendukung serta memberikan aura positif. Dukungan dari orang sekitar akan membantu menghilangkan rasa minder dan membantu memberikan semangat lebih.

Cari Dukungan