Marah atau emosi saat hamil disebabkan oleh beberapa faktor, diataranya perubahan hormon. Selain itu, adanya perubahan metabolisme, rasa lelah akibat sulit tidur, stres, rasa sakit di bagian pinggang, dan masalah lain yang dialami oleh ibu hamil juga dapat memicu emosi yang berlebih.

Sering Marah Saat Hamil? Ini Dampaknya Bagi Janin
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcS0ctXaTSnKbhGKk-TLkfGNYbrZqX4q1_yw5kg0N9IlbTZaqmYO

Sering munculnya rasa ingin marah dan mood yang sering berubah cepat memang wajar dialami oleh ibu hamil. Pasalnya, banyak sekali perubahan yang terjadi saat mulai mengandung, mulai dari perubahan hormonal, fisik, maupun psikologis. Namun, saat timbul rasa ingin marah, Moms perlu lebih hati-hati dan lebih mengontrol diri. Mengapa? Ternyata, kemarahan sang ibu bisa berdampak buruk atau negatif lho terhadap pertumbuban dan perkembangan janin. 

baca juga
Berikut ini dampak negatif sering marah saat hamil:

Menghambat Aliran Darah dan Oksigen ke Janin

Hormon yang dikeluarkan saat sedang marah dapat mengakibatkan pembuluh darah mengerut dan menyebabkan suplai darah bagi janin terhambat. Minimnya asupan darah dan oksigen dapat menyebabkan terjadinya kegagalan plasenta yang dapat berakibat bayi lahir prematur, berat lahir rendah, serta cacat lahir.

Menghambat Aliran Darah dan Oksigen ke Janin
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcTRbm1SIEEZmCZ9v4rm6io4v5rHptoexwGZ4nsj0JHah1wwCOwU
baca juga

Menghambat Produksi ASI

Saat ibu hamil stres dan marah, maka produksi ASI akan terhambat. ASI yang tidak keluar dapat menyebabkan bayi rewel saat lahir. Hal tersebut juga menyebabkan tumbuh kembang bayi terhambat karena kurangnya produksi ASI.

Menghambat Produksi ASI
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQKqolq-EDCpWnkX7LSIaaArz17jefKcWG4PDO1xQfIy6DjwhLi

Dapat Mempengaruhi Sifat dan Perilaku Anak

Sebuah studi menunjukkn bahwa hormon stres yang dihasilkan saat ibu marah dapat diteruskan kepada bayi melalui ASI. Pengaruh tersebut akan berbeda pada setiap bayi, terutama bayi laki-laki dan perempuan. Oleh karena itu, sifat marah ibu dapat diturunkan pada anak nantinya.

Dapat Mempengaruhi Sifat dan Perilaku Anak
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQVbYBpuNtLb_eBp8d6Ap_lEDRkFVZzPTKXEY49GszP4GNzWyhA

Demikian dampak negatif atau dampak buruk sering marah saat sedang hamil. Semoga bermanfaat Moms!