1. Mencegah Gigi Berlubang dan Meningkatkan Kesehatan Mulut

5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Bantu Turunkan Stres dan Kecemasan
source: https://theecologist.org/

Ini mungkin salah satu fakta tentang mengunyah permen karet yang banyak diketahui orang, yaitu baik untuk kesehatan gigi. Permen karet bebas gula dikenal secara efektif mampu mencegah kerusakan gigi dengan efeknya yang mirip dengan obat kumur dan pasta gigi yang mengandung fluoride. Mengunyah permen karet tanpa gula selama 20 menit setelah makan dapat mencegah kerusakan gigi dan radang gusi.

Pada dasarnya, ini bekerja dengan meningkatkan sekresi air liur di mulut dan menghilangkan partikel makanan dan asam pada gigi, yang sebaliknya akan menyebabkan kerusakan gigi. Air liur selanjutnya membantu menjaga email agar tetap kuat dengan memasok kalsium dan fosfat untuk memperkuatnya. Ini berarti gigi memiliki ketahanan yang lebih besar terhadap kerusakan dan gigi berlubang. Untuk memberikan manfaat ekstra dalam mencegah kerusakan gigi, pilih permen karet dengan xylitol yang dilengkapi dengan mineral tambahan untuk memperkuat gigi.


2. Meredakan Refluks Asam

5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Bantu Turunkan Stres dan Kecemasan
source: http://www.discovermagazine.com/

Asam lambung adalah masalah rumit di mana asam lambung naik ke kerongkongan (pipa makanan). Kondisi inilah yang menimbulkan sensasi terbakar yang muncul di tenggorokan atau dada. Uniknya, mengunyah permen karet adalah cara yang baik untuk meredakan refluks asam dengan membersihkan pipa makanan dan menetralkan asam untuk mengurangi rasa sakit. Satu studi menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat membersihkan kerongkongan dengan meningkatkan refleks menelan dan menetralkan asam karena permen karet membuat air liur lebih basa. 

baca juga


3. Meningkatkan Kerja Pencernaan

5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Bantu Turunkan Stres dan Kecemasan
source: https://nutrition.basf.com/

Walaupun mengunyah permen karet tidak memiliki pengaruh langsung pada proses pencernaan, mengunyah permen karet sebelum makan benar-benar mampu meningkatkan kerja pencernaan. Ini terjadi karena tindakan mengunyah merangsang mulut untuk memicu produksi air liur dan kerja lambung untuk menghasilkan asam pencernaan yang secara efektif sehingga dapat mempersiapkan pencernaan makanan yang sehat. 


4. Menurunkan Stres dan Kecemasan

5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Bantu Turunkan Stres dan Kecemasan
source: http://www.theshould.com/

Jika Mommy pernah merasa gugup atau cemas, Mommy mungkin terbiasa dengan gerakan menggoyangkan kaki atau menggigit kuku untuk kenyamanan. Namun, hal itu sebenarnya kurang baik untuk dilakukan. Untuk itu, cobalah mengunyah permen karet dalam situasi-situasi yang penuh tekanan untuk memberikan efek ketenangan yang lebih baik.

Sebuah penelitian di tahun 2011 menunjukkan bahwa orang yang mengunyah permen karet dua kali sehari selama dua minggu dilaporkan secara signifikan menurunkan tingkat kecemasan dibandingkan yang tidak mengunyah permen karet. Mereka juga menemukan tingkat kelelahan yang lebih rendah dan suasana hati yang lebih tinggi pada pengunyah senjata. Peneliti memperkirakan bahwa mengunyah permen karet memiliki efek menenangkan karena pengurangan hormon stres kortisol yang dibawanya kepada orang-orang.

baca juga


5. Meningkatkan Fokus

5 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Bantu Turunkan Stres dan Kecemasan
source: https://www.healthline.com/

Banyak orang tidak dapat fokus dengan maksimal kecuali mereka memiliki enam hingga delapan jam tidur. Sayangnya, mendapatkan waktu tidur yang cukup sebenarnya agak sulit untuk didapatkan. Tidak heran jika kebiasaan menenggak kopi dan meminum pil kafein dilakukan untuk meningkatkan fokus saat bekerja atau beraktivitas.

Namun, ketahuilah bahwa Mommy bisa meningkatkan fokus dengan mengunyah sebuah permen karet. Penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dan gerakan rahang dapat memerangi rasa kantuk di siang hari dengan meningkatkan aktivitas otak. Selain itu, permen karet rasa mint juga sangat efektif untuk membantu Mommy tetap segar dan awas.